ADVERTISEMENT

Xavi Hernandez Bukan Pep Guardiola 2.0

Adhi Prasetya - Sepakbola
Selasa, 09 Nov 2021 09:00 WIB
BARCELONA, SPAIN - NOVEMBER 08: New FC Barcelona Head Coach Xavi Hernandez acknowledges fans during a press conference at Camp Nou on November 08, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Xavi saat diperkenalkan sebagai pelatih baru Barcelona. Foto: Getty Images/David Ramos
Jakarta -

Status Xavi Hernandez sebagai pelatih baru Barcelona membuatnya dibanding-bandingkan dengan Pep Guardiola. Namun Guardiola sendiri meminta Xavi untuk tak memikirkan hal tersebut.

Perbandingan Xavi dan Guardiola tak lepas dari status masa lalu keduanya yang mirip, mulai dari jebolan akademi La Masia, lama bermain di Barcelona, pernah berstatus kapten, dan menjadi pelatih Blaugrana selepas gantung sepatu.

Bedanya, Guardiola sudah lebih dulu mengecap sukses. Empat musim melatih di Camp Nou, ia menyumbang 14 trofi. Guardiola juga membangun tim tangguh yang berfondasikan jebolan La Masia, seperti Victor Valdes, Sergio Busquets, Gerard Pique, Carles Puyol, Andres Iniesta, Lionel Messi, Pedro Rodriguez, dan juga Xavi sendiri.

Kini, Xavi pun digadang-gadang mampu melakukann hal serupa. Kebetulan, ia juga harus memanfaatkan La Masia di tengah kesulitan finansial yang dialami Barcelona. Nama-nama seperti Gavi, Nico Gonzalez, Ansu Fati, Oscar Mingueza, hingga Riqui Puig bisa menjadi andalan bersama para senior macam Jordi Alba, Sergi Roberto, Pique, dan Busquets.

Namun Guardiola tak ingin membebani Xavi dengan embel-embel 'Next Guardiola', 'Guardiola 2.0', ataupun yang lainnya. Menurut manajer Manchester City tersebut, Xavi cuma perlu jadi diri sendiri.

"Saya dulunya bukanlah penerus siapapun, dan Xavi juga tak perlu menjadi penerus saya. Jika Joan Laporta dan para direksi telah menunjuk Xavi, itu karena ada banyak dukungan dan sedikit yang menentang," ujar Guardiola, dikutip Marca.

"Dia sudah mengenal klub dan akan membawa energi positif, melihat bagaimana ia menikmati sepakbola dan juga karena dedikasinya. Dia selalu melihat sisi positif dari banyak hal. Dengan kelas, dedikasi, dan usahanya, saya yakin dia akan memperbaiki situasi di klub saat ini," jelas Guardiola.

Xavi akan memimpin latihan Barcelona mulai hari ini, Selasa (9/11). Laga pertamanya sebagai entrenador yakni menghadapi rival sekota Espanyol selepas jeda internasional, pada Minggu (21/11) dini hari WIB.

Simak video 'Senyum Rekah Xavi di Camp Nou':

[Gambas:Video 20detik]



(adp/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT