Barcelona Bersiap Bawa Pulang Alexis Sanchez

Adhi Prasetya - Sepakbola
Jumat, 17 Des 2021 11:45 WIB
MILAN, ITALY - DECEMBER 12: Alexis Sanchez of FC Internazionale celebrates his goal during the Serie A match between FC Internazionale and Cagliari Calcio at Stadio Giuseppe Meazza on December 12, 2021 in Milan, Italy. (Photo by Marco Luzzani/Getty Images)
Alexis Sanchez saat ini berstatus pemain pengganti di Inter Milan. Foto: Getty Images/Marco Luzzani
Jakarta -

Barcelona hendak membawa pulang Alexis Sanchez pada bursa transfer Januari. Upaya perekrutan penyerang asal Chile itu kini tinggal menunggu persetujuan dari Xavi Hernandez saja.

Dilaporkan Diario Sport, Barcelona ingin menukar Luuk de Jong dengan Sanchez. Jadi Sanchez kembali ke Camp Nou, sementara de Jong pindah ke Inter Milan.

Status de Jong di Barcelona saat ini adalah pemain pinjaman dari Sevilla, sehingga proses negosiasi pun butuh kesepakatan dari tim asal Andalusia tersebut. Namun Sevilla pada prinsipnya setuju dengan transfer ini, asalkan pembayaran gaji de Jong tak dibebankan sepenuhnya ke mereka.

Xavi sedang mencari penyerang yang cocok dengan gaya bermain Barcelona, dan Sanchez dianggap memenuhi syarat. Sementara itu, de Jong yang baru tampil dua kali sejak Xavi memimpin Barcelona adalah pemain yang dibawa pelatih sebelumnya, Ronald Koeman.

Xavi dikabarkan tak masalah jika Barcelona ingin memboyong Sanchez dari San Siro. Namun sebetulnya ia memprioritaskan Ferran Torres yang kini bermain untuk Manchester City.

Xavi tak mau kedatangan Sanchez malah menyulitkan transfer Torres ke Barcelona. Namun ia juga tahu bahwa Barcelona butuh menjual pemain terlebih dahulu jika ingin memboyong Torres, mengingat kini pergerakan Barcelona dibatasi akibat utang yang menumpuk.

BARCELONA, SPAIN - APRIL 10:  Alexis Sanchez of FC Barcelona (L) celebrates with his teammate Xavi Hernandez of FC Barcelona after scoring the opening goal lduring the La Liga match between FC Barcelona and Getafe CF at Camp Nou on April 10, 2012 in Barcelona, Spain.  (Photo by David Ramos/Getty Images)Alexis Sanchez dan Xavi Hernandez saat bermain bersama di Barcelona. Foto: (Getty Images/David Ramos)

Barcelona tengah berusaha menekan anggaran gaji dengan mendepak pemain-pemain minim kontribusi namun bergaji mahal, seperti Philippe Coutinho dan Samuel Umtiti. Jika Barcelona tak mampu melakukan hal tersebut, memboyong Sanchez ketimbang Torres akan terasa lebih masuk akal.

Barcelona butuh penyerang baru untuk menggantikan Sergio Aguero yang pensiun karena penyakit jantung. Sanchez dinilai cocok karena pernah tiga musim membela Barcelona pada 2011-2014, bermain bersama Xavi. Ia meraih satu trofi La Liga dan satu Copa del Rey dalam kurun waktu tersebut.

Musim ini di Inter, ia baru main 14 kali, 12 di antaranya berstatus pemain pengganti, mengemas 2 gol dan 3 assist.

(adp/pur)