Real Madrid dan Senjata Serangan Balik

Afif Farhan - Sepakbola
Sabtu, 15 Jan 2022 11:20 WIB
Real Madrids players celebrate after a goal during the Spanish Super Cup semi final soccer match between Barcelona and Real Madrid at King Fahd stadium in Riyadh, Saudi Arabia, Wednesday, Jan. 12, 2022. (AP Photo/Hassan Ammar)
Real Madrid dan Senjata Serangan Balik (AP)
Madrid -

Real Madrid lagi galak musim ini. Madrid memimpin Liga Spanyol, melangkah ke final Piala Super Spanyol, dan menjaga kans di Liga Champions. Apa rahasianya?

Real Madrid menaklukkan Barcelona di semifinal Piala Super Spanyol pada Kamis (13/1) dini hari WIB dengan skor 3-2. Selanjutnya, Los Blancos akan berjumpa dengan Athletic Bilbao yang sukses menyingkirkan Atletico Madrid.

Di Liga Spanyol, Real Madrid masih memimpin. Dalam Klasemen Liga Spanyol sementara, Madrid mengoleksi 49 poin, unggul lima poin dari pesaing terdekatnya Sevilla.

Di Liga Champions, Madrid juga melangkah ke babak 16 besar. PSG bakal dihadapi dalam pertarungan dua leg.

Real Madrid terlihat cukup galak musim ini. Di lini serang, duo Karim Benzema dan Vinicius Jr sedang on fire dengan subur gol.

Di lini tengah, trio Casemiro-Modrid-Kroos terus jadi tumpuan. Khususnya dua nama terakhir, walau sudah memasuki fase usia senja tapi nyatanya masih berbahaya.

Di lini belakang, duet bek tengah Eder Militao dan David Alaba boleh juga. Sukses gantikan peran Ramos dan Varane.

Dilansir dari Marca, rahasia Real Madrid lagi galak betul musim ini adalah jurus serangan balik. Pelatih Carlo Ancelotti, menerapkan strategi itu dengan sangat baik.

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez pun tahu betul akan hal itu.

"Kami tahu apa yang akan terjadi ketika mereka melakukan serangan balik. Para pemain di lini depan harusnya lebih waspada ketika menguasai bola," ujar Xavi ketika timnya disingkirkan di Piala Super Spanyol.

Bahkan gol penentu kemenangan Madrid atas Barca yang dicetak Valverde, adalah buah hasil serangan balik.

Real Madrid's Federico Valverde celebrates after a goal during the Spanish Super Cup semi final soccer match between Barcelona and Real Madrid at King Fahd stadium in Riyadh, Saudi Arabia, Thursday, Jan. 13, 2022. (AP Photo/Hassan Ammar)Federico Valverde (kiri) saat berseleberasi merayakan golnya (AP/Hassan Ammar)

Vinicius Jr menjadi otak serangan balik Real Madrid dengan memanfaatkan kecepatan larinya. Marco Asensio di sayap kanan, bermain lebih taktis dan mampu menahan bola dengan baik.

Kemudian Karim Benzema, jadi finisher yang tangguh. Ditambah, David Alaba punya akurasi umpan yang bagus serta trio lini tengah Madrid juga kuat untuk bertarung memenangi bola.

(aff/nds)