Jordi Alba Handball, Ini Alasan Barcelona Tak Dihukum Penalti

Adhi Prasetya - Sepakbola
Senin, 07 Mar 2022 08:30 WIB
Jordi Alba
Situasi saat tangan Alba mengenai bola. Foto: Youtube
Elche -

Kemenangan Barcelona di markas Elche diwarnai keputusan kontroversial wasit Alejandro Hernandez yang tak memberikan penalti untuk handball Jordi Alba. Apa dasar keputusan tersebut?

Barcelona berhasil menang 2-1 dalam laga yang berlangsung di Estadio Martinez Valero, Minggu (6/3/2022). Sempat tertinggal di babak pertama lewat gol Fidel Chaves, skuad asuhan Xavi Hernandez berhasil bangkit di babak kedua.

Sontekan Ferran Torres (60') dan penalti Memphis Depay (84') memastikan Barcelona pulang membawa tiga poin. Namun kemenangan ini bukan tanpa cibiran. Sebab ada keputusan wasit yang dianggap keliru.





Hal itu terjadi di menit ke-86, dua menit setelah gol Depay. Dalam situasi sepak pojok, sundulan Pere Milla mengenai tangan Alba. Wasit tak menganggap itu layak diberi penalti meski para pemain Elche sudah protes.

Hernandez bahkan tak melihat video tayangan ulang untuk mengambil keputusan itu, padahal ia melakukannya saat memberi penalti untuk Barcelona akibat handball Antonio Barragan. Bagaimana sebenarnya kejadian tersebut?

Dalam tayangan ulang pertandingan, bola memang mengenai lengan tangan Alba. Namun dalam Laws of the Game bab 12 mengenai pelanggaran, perlu ditegaskan bahwa tak semua bola yang menyentuh tangan pemain lantas dinyatakan pelanggaran.


Dalam situasi Alba, pelanggaran baru diberikan jika tangan Alba:

1) sengaja bergerak ke arah bola.

2) menyentuh bola ketika gerak tangan membuat tubuhnya menjadi lebih besar secara tidak alami. Artinya, tangan pemain bergerak aktif sehingga 'lebar' tubuhnya menjadi lebih besar ketimbang saat kondisi normal.

Hernandez diyakini tak menyatakan hal tersebut sebagai foul karena Alba dianggap tak memenuhi dua syarat di atas. Bola tersebut 'datang' ke tangannya, dan posisi tangan yang turun ke bawah menandakan bagian tubuh tersebut tak terlibat aktif untuk memblok bola.

Handball Antonio BarraganDepay diduga menyentuh bola lebih dulu dengan tangannya sebelum mengenai Barragan. Foto: Dok. Marca


Hal serupa berlaku saat Sergio Busquets juga handball di injury time babak kedua. Namun Elche merasa keputusan itu tak adil, karena situasi tangan Barragan saat penalti Depay juga dianggap serupa (tak aktif).

Dalam tayangan ulang, terlihat bahwa bola baru mengenai lengan Barragan setelah Depay mengontrol bola dengan lutut. Posisi bola di lengan pun bisa diperdebatkan, karena berada di zona abu-abu, yakni di lengan atas batas antara zona handball dan tidak.

Penjelasan handball 2021/22.Penjelasan handball dalam Laws of the Game musim ini. Foto: Premier League, BBC


Mantan wasit LaLiga, Perez Burrull menilai keputusan terkait Alba sudah tepat, namun seharusnya Barragan juga tak dihukum penalti. "Bola memantul dan mengenai bek Elche itu (Barragan)," kata Burrull kepada Radio Marca.

"Bahkan rasanya striker Barca (Depay) lebih dulu menyentuh bola dengan lengannya. Menurut saya, itu keputusan yang tak proporsional dari wasit untuk menunjuk penalti," jelas Burrull yang bertugas pada periode 1997-2010.

Simak Video 'Torres-Depay Pahlawan Kemenangan Barcelona Atas Elche':

[Gambas:Video 20detik]



(adp/rin)