Roman Abramovich Ingin Beli Valencia?

Yanu Arifin - Sepakbola
Senin, 11 Apr 2022 21:15 WIB
Miliarder Rusia sekaligus pemilik klub sepakbola Chelsea Abramovich hadir dalam perundingan Rusia-Ukraina di Turki. Apa perannya dalam perundingan itu?
Roman Abramovich. (Foto: Reuters)
Valencia -

Roman Abramovich, pemilik Chelsea, kabarnya ingin membeli klub lain. Tim LaLiga, Valencia, kabarnya menjadi bidikannya.

Kabar itu dicetuskan Plaza Deportivo, yang menyebut Abramovich sedang bernegosiasi dengan Valencia. Hal itu diungkap pesaing Abramovich dalam persaingan membeli klub Liga Spanyol itu, Miguel Zorio.

Zorio, pengusaha lokal, sebenarnya juga mengincar Valencia selama beberapa waktu. Kemudian, ia menyebut Peter Lim, pemilik Valencia sekarang, sudah membocorkan kabar bahwa Abramovich menjadi salah satu peminatnya.

"Peter Lim telah mencoba menjual klubnya [Valencia] di London seharga 250 juta paun dan tidak berhasil," katanya.

"Akhir-akhir ini, dia membocorkan ke media internasional bahwa dia memiliki dua penawaran pembelian. Saya dan oligarki Rusia di Chelsea."

"Dari sini, saya memberi tahu dia bahwa dia mengalami kerugian 50 juta paun setiap tahun, atau dia menjualnya kepada kami, terlepas dia suka atau tidak," terangnya.

Valencia sedang mengalami masalah keuangan. Pada November, Los Che mengaku rugi 31,2 juta paun dalam tahun keuangan terakhir.

Musim ini, Valencia kabarnya sudah merugi 36 juta paun. Peter Lim sendiri sudah meminjamkan uangnya sebesar 38 juta paun.

Sementara Abramovich kini sedang disanksi Pemerintah Inggris, terkait isu perang Rusia vs Ukraina. Aset taipan asal Rusia itu dibekukan, termasuk harus melepas Chelsea.

Chelsea dimiliki Roman Abramovich, sejak 2003. Sejak saat itu, The Blues menjadi salah satu kekuatan di Eropa, dengan sudah berhasil merebut semua gelar domestik dan internasional.

(yna/ran)