Ansu Fati, Kunci Utama Kemenangan Barcelona atas Sociedad

ADVERTISEMENT

Ansu Fati, Kunci Utama Kemenangan Barcelona atas Sociedad

Adhi Prasetya - Sepakbola
Senin, 22 Agu 2022 13:20 WIB
SAN SEBASTIAN, SPAIN - AUGUST 21: Ansu Fati of FC Barcelona celebrates after scoring his teams fourth goal during the LaLiga Santander match between Real Sociedad and FC Barcelona at Reale Arena on August 21, 2022 in San Sebastian, Spain. (Photo by Ion Alcoba/Quality Sport Images/Getty Images)
Ansu Fati mencetak satu gol dan dua assist saat Barcelona mengalahkan Real Socidead. Foto: Getty Images/Quality Sport Images
San Sebastian -

Robert Lewandowski memang mencetak dua gol untuk membawa Barcelona mengalahkan Real Sociedad 4-1. Namun jangan lupakan peran penting Ansu Fati yang berhasil mengubah jalannya pertandingan.

Pada laga di San Sebastian, Senin (22/8/2022) dini hari WIB, Lewandowski sudah mencetak gol saat laga belum berjalan satu menit. Ia menuntaskan crossing matang dari Alejandro Balde yang menyisir sisi kiri pertahanan tuan rumah.

Namun Sociedad membalasnya lima menit kemudian. Tanpa diperkuat Jules Kounde yang masih belum didaftarkan, lini belakang Barcelona jebol dan kebobolan lewat sepakan chip Alexander Isak.

Setelahnya, laga relatif imbang. Barcelona menekan, tapi tak jarang mengalami kebuntuan. Sementara Sociedad juga memberi perlawanan, bahkan hampir saja unggul di babak kedua andaikan gol Brais Mendez tak dianulir karena offside.

Tak mau ditahan imbang lagi seperti pekan pertama, pelatih Xavi Hernandez kemudian memasukkan Ansu Fati di menit ke-64 untuk menggantikan Ferran Torres. Dua menit setelahnya, Barcelona kembali memimpin. Karena siapa? Ansu Fati.

Pemuda 19 tahun itu menjadi penyambung yang baik antara lini tengah dan depan. Pergerakannya mampu menarik perhatian lawan, sehingga membuka ruang untuk rekan-rekannya. Ditambah dengan umpan matang yang mematikan, habislah Sociedad.

Menit ke-66, Ansu Fati yang menerima umpan terobosan langsung dicegat dua pemain Sociedad. Tak hilang akal, dengan backheel pass ia memberi umpan kepada Ousmane Dembele, yang kemudian mencetak gol.

Dua menit setelahnya, Barcelona unggul 3-1. Skema gol ketiga ini mirip dengan yang sebelumnya. Umpan datang, Ansu Fati menjadi pemantul di lini pertahanan lawan, kemudian diselesaikan pemain lain menjadi gol.

Menerima through pass Pedri, Ansu Fati yang dijaga ketat langsung memberi umpan kepada Lewandowski yang berlari bebas. Dengan satu tembakan jitu, penyerang Polandia itu kembali mencetak gol.

Ansu Fati menutup aksi gemilang di laga ini dengan turut mencetak gol di menit ke-79. Skemanya lagi-lagi mirip, hanya saja kali ini Lewandowski yang menjadi pemantul, dan Ansu Fati bertugas menyelesaikannya menjadi gol, memastikan kemenangan 4-1.

"Kami bermain dengan lebih sabar di babak kedua, kami jadi lebih baik. Kami kekurangan hal itu di babak pertama. Saat jeda, kami bicara agar bisa menyerang ruang kosong dengan lebih baik, itulah yang kami perlu lakukan," ujar Xavi, dikutip ESPN.

"Hari ini kami membuat sejumlah perubahan di lini serang, memasukkan Raphinha dan Ansu untuk menggantikan Balde dan Ferran. Kami bermain dengan 5-6 penyerang. Ini tentang mengambil risiko dan seberapa sering kamu harus melakukannya," jelas Xavi.

Memasukkan Ansu Fati jelas keputusan tepat. Satu gol dan dua assist yang ia berikan begitu bermakna bagi Barcelona, yang di awal musim mendapat tekanan karena membeli banyak pemain bintang.

Lewandowski mungkin mendapat sorotan lebih banyak berkat dua gol yang ia ciptakan. Namun tanpa penampilan ciamik dari Ansu Fati, bisa jadi hasil laga akan berbeda, dan belum tentu Barcelona meraih kemenangan.

(adp/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT