Kuartet Senior Ini Akan Dilepas Barcelona Musim Depan

ADVERTISEMENT

Kuartet Senior Ini Akan Dilepas Barcelona Musim Depan

Adhi Prasetya - Sepakbola
Sabtu, 22 Okt 2022 08:00 WIB
BARCELONA, SPAIN - AUGUST 24: teamphoto of FC Barcelona (L-R) Franck Kessie of FC Barcelona, Jules Kounde of FC Barcelona, Sergio Busquets of FC Barcelona, Pierre Emerick Aubameyang of FC Barcelona, Gerard Pique of FC Barcelona, Inaki Pena of FC Barcelona, Raphinha of FC Barcelona, Ferran Torres of FC Barcelona, Sergi Roberto of FC Barcelona, Frenkie de Jong of FC Barcelona, Jordi Alba of FC Barcelona during the Club Friendly   match between FC Barcelona v Manchester City at the Spotify Camp Nou on August 24, 2022 in Barcelona Spain (Photo by David S. Bustamante/Soccrates/Getty Images)
Barcelona berencana melepas Pique, Busquets, Alba, dan Roberto. Foto: Getty Images/Soccrates Images
Jakarta -

Barcelona berencana melepas empat pemain senior mereka di musim panas tahun depan. Hal itu dilakukan untuk menghemat pengeluaran klub di sektor gaji.

Dilaporkan ESPN, keempat pemain tersebut yakni Sergio Busquets, Gerard Pique, Jordi Alba, dan Sergi Roberto. Kontrak Busquets dan Roberto tersisa sampai Juni 2023, sedangkan Pique dan Alba sampai Juni 2024.

Dengan kontrak yang tersisa beberapa bulan lagi, melepas Busquets dan Roberto lebih mudah dilakukan Barcelona. Namun untuk 'mendepak' Pique dan Alba, kondisinya lebih rumit.

Tak cuma karena durasi kontrak yang lebih panjang, namun juga karena Barcelona masih berhutang gaji yang ditangguhkan kepada keduanya. Kondisi ini diyakini turut menghambat gerak Barcelona di bursa transfer musim panas lalu.

Oleh sebab itu, Barcelona bertekad menjual Alba dan Pique di bursa transfer musim panas mendatang. Alternatif lain, manajemen raksasa Catalan itu akan mencoba bernegosiasi untuk memutus kontrak mereka lebih cepat dari yang seharusnya.

Empat nama di atas, dan juga Frenkie de Jong, memang masuk dalam daftar pemain bergaji tertinggi di Barcelona, imbas dari kontrak yang diteken pada era kepemimpinan Josep Maria Bartomeu. Manajemen saat ini berupaya menekan beban gaji yang ada.

BARCELONA, SPAIN - APRIL 16: Sergio Busquets and Gerard Pique of FC Barcelona looks on during the UEFA Champions League Quarter Final second leg match between FC Barcelona and Manchester United at Camp Nou on April 16, 2019 in Barcelona, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images)Busquets (kiri) dan Pique dilaporkan memiliki gaji yang mahal dan menyulitkan ekonomi Barcelona. Foto: (Getty Images/David Ramos)

Kepergian para pemain senior akan mengurangi beban gaji yang terlampau besar, sehingga Barcelona bisa membangun ulang tim dengan para pemain yang sesuai kebutuhan namun juga murah dan dan tak merepotkan keuangan klub.

"Ada beberapa beban gaji yang nilainya melebihi harga di pasaran. Hal itu benar-benar menghambat pergerakan kami di bursa transfer. Para pemain ini sulit untuk ditransfer ke klub lain, dan merusak kondisi financial fair play. Target kami adalah menghilangkan beban gaji itu," ujar Direktur Olahraga Barcelona, Mateu Alemany belum lama ini.

Di musim ini, hanya Busquets yang masih menjadi pilihan utama di bawah asuhan Xavi Hernandez. Roberto dan Alba masih tampil reguler, namun tak selalu menjadi starter. Sedangkan Pique sudah mulai tersisih.

Jika keempatnya cabut, maka itu akan menjadi akhir dari perjalanan generasi lama La Masia yang dulu mengantarkan Barcelona berjaya di Eropa dan dunia, dan menjadi awal baru untuk generasi muda macam Gavi, Ansu Fati, hingga Eric Garcia.

(adp/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT