DetikSepakbola
Jumat 17 Feb 2017, 11:56 WIB

Edin Dzeko Sejauh Ini: Top Skorer Liga Europa dan Serie A

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Edin Dzeko Sejauh Ini: Top Skorer Liga Europa dan Serie A Foto: REUTERS/ Albert Gea
Jakarta - Suporter AS Roma tentu senang dengan performa Edin Dzeko sejauh ini. Striker asal Bosnia itu membuktikan dirinya benar-benar sudah berbeda dari musim lalu.

Dzeko melanjutkan produktivitasnya dengan mencetak hat-trick saat Roma tandang ke markas Villarreal di leg pertama babak 32 besar Liga Europa di Estadio de la Ceramica, Jumat (15/2/2017) dinihari WIB. Tiga gol yang dilesakkan Dzeko itu membantu Roma menang 4-0 atas tuan rumah.

Ini berarti Dzeko selalu mencetak gol dalam tujuh pertandingan terakhir secara beruntun di semua kompetisi bersama Roma. Dalam tujuh penampilan itu, Dzeko menghasilkan 10 gol.

Hat-trick ini juga sekaligus merupakan yang kedua bagi Dzeko di Liga Europa musim ini. Yang pertama dia buat saat Roma menang 4-1 atas Viktoria Plzen di fase grup. Musim ini, menurut Opta, belum ada pemain yang punya catatan serupa.

Kini Dzeko memucaki daftar top skorer sementara Liga Europa dengan delapan gol. Dia mengungguli Aritz Aduriz (Athletic Bilbao) yang mencetak tujuh gol.

Di Serie A, Dzeko juga tak kalah produktif. Striker berusia 30 tahun itu juga ada di posisi teratas daftar pencetak gol dengan 18 gol, berbagi tempat dengan Gonzalo Higuain.

Secara keseluruhan, Dzeko sudah menyumbang 28 gol untuk Roma di semua kompetisi musim ini. Ini adalah catatan terbaiknya sejak bikin 29 gol dalam semusim untuk Wolfsburg pada 2009/2010 lalu.

Soal performanya itu, Dzeko mengaku tak terkejut. Mantan pemain Manchester City itu memang punya tuntutan tinggi terhadap dirinya sendiri.

"Tidak, itu bukan kejutan untuk saya karena saya selalu mencetak gol, hanya tahun lalu sedikit berbeda," ujar Dzeko seperti dikutip dari situs resmi klub.

"Di sini lah saya sekarang dan saya ingin terus mendorong diri saya dan membuktikan saya bisa lebih baik," katanya.

Dzeko masih punya waktu untuk melewati catatan terbaiknya. Sejauh ini, musim tersuburnya adalah 2008/2009 saat mengemas 36 gol bersama Wolfsburg.


(nds/mrp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed