DetikSepakbola
Kamis 26 Juni 2014, 08:14 WIB

Shaqiri Mulai Memukau di Panggung Dunia

- detikSport
Shaqiri Mulai Memukau di Panggung Dunia FIFA via Getty Images/Clive Mason
Manaus - Xherdan Shaqiri akhirnya menunjukkan apa yang ditunggu-tunggu oleh publik Swiss dari dirinya. Penampilannya yang memukau pada laga melawan Honduras membawa Swiss ke babak berikutnya.

Sejak Piala Dunia belum dimulai, Swiss memang banyak menumpukan harapannya pada Shaqiri. Kendati tak bermain reguler di Bayern Munich, Shaqiri adalah bintang buat Schweizer Nati. Skill dan kecepatan Shaqiri begitu diandalkan oleh pelatih Ottmar Hitzfeld.

Akan tetapi, Shaqiri tak bisa memenuhi ekspektasi besar tersebut pada dua pertandingan pertama Swiss di Piala Dunia 2014. Winger berusia 22 tahun itu tak memberi kontribusi signifikan ketika negaranya mengalahkan Ekuador 2-1 dan kalah 2-5 dari Prancis. Kritik pun mulai berdatangan.

Menjelang pertandingan melawan Honduras, Shaqiri sempat mengeluh karena beban yang harus dia pikul seolah-olah lebih besar daripada pemain-pemain Swiss lainnya.

"Tidak semua tergantung pada saya. Ini menjengkelkan karena hal-hal kritis yang ditulis lebih banyak tentang saya daripada yang lain," kata Shaqiri seperti dikutip Reuters.

Namun, Shaqiri akhirnya mampu membungkam semua kritik yang ditujukan padanya. Tak tanggung-tanggung, dia memborong semua gol Swiss dan memenangkan timnya 3-0 pada laga di Arena da Amazonia, Manaus, Kamis (26/6/2014) dinihari WIB.

Shaqiri menjadi pemain kedua yang membuat hat-trick di Piala Dunia 2014 setelah pemain Jerman Thomas Mueller melakukannya ke gawang Portugal. Dia juga menjadi pemain Swiss pertama yang membuat hat-trick di Piala Dunia sejak Josef Huegi melakukan hal serupa pada laga kontra Austria di tahun 1954.

"Saya sama sekali tak peduli dengan kritik. Saya ingin menunjukkan bahwa kami bisa bermain sepakbola dan itulah yang kami lakukan," tutur Shaqiri di Reuters.

"Saya bermain sangat baik hari ini dan saya senang dengan hal itu dan bangga dengan tim," katanya.

Melihat performa brilian yang ditunjukkan Shaqiri, Hitzfeld pun tak ragu untuk memberikan sanjungannya.

"Shaqiri tampil sangat baik hari ini. Dia benar-benar mempertontonkan apa yang bisa dia lakukan. Namun, kami bermain bagus sebagai sebuah tim dan mereka semua layak mendapatkan ucapan selamat dari saya," ujar Hitzfeld.

Swiss lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup E. Mereka selanjutnya akan melawan Argentina yang menjadi juara Grup F di Sao Paulo, 1 Juli mendatang.




(mfi/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed