DetikSepakbola
Jumat 27 Juni 2014, 08:39 WIB

Slimani Bidani Lahirnya Sejarah Baru Aljazair

- detikSport
Slimani Bidani Lahirnya Sejarah Baru Aljazair Reuters/Maxim Shemetov
Curitiba -

Sejarah baru sepakbola Aljazair tercipta di Piala Dunia 2014. Islam Slimani menjadi salah satu sosok penting di balik hal tersebut lewat gol-gol yang dia ciptakan.

Aljazair menjadi salah satu tim yang mendapatkan tempat di babak 16 besar Piala Dunia 2014. Mereka berhak melaju setelah menempati posisi kedua di klasemen akhir Grup H di bawah Belgia.

Bagi Aljazair, tahun ini adalah kali pertama mereka lolos ke babak 16 besar Piala Dunia. Pada tiga partisipasi sebelumnya, yakni tahun 1982, 1986, dan 2010, mereka selalu gagal melewati babak penyisihan grup.

Laga melawan Rusia di Arena da Baixada, Curitiba, Jumat (27/6/2014) dinihari WIB, menjadi penentuan lolosnya tim 'Rubah Gurun'. Hasil akhir 1-1 sudah cukup bagi Aljazair karena pada pertandingan lainnya Belgia memetik kemenangan 1-0 atas Korea Selatan.

Slimani adalah orang yang menghindarkan Aljazair dari kekalahan pada laga melawan Rusia. Sundulannya di babak kedua membuat skor sama kuat setelah Rusia unggul lebih dulu melalui gol Aleksandr Kokorin. Dia pun terpilih sebagai man of the match.

Itu adalah gol kedua Slimani di Piala Dunia 2014. Penyerang Sporting Lisbon itu sebelumnya menyumbangkan satu gol ketika Aljazair menundukkan Korea Selatan 4-2, Minggu (22/6/2014) lalu.

"Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan bagi saya. Tapi, ini bukan cuma saya. Yang harusnya dipuji adalah tim," ujar Slimani di situs resmi FIFA.

"Kami bermain baik dan kami pantas lolos. Penghargaan (man of the match) ini benar-benar bonus. Saya senang bermain bersama tim ini," katanya.

Slimani belum lama mencicipi atmosfer sepakbola Eropa. Dia pindah ke Sporting Lisbon pada tahun lalu setelah sebelumnya membela klub lokal Aljazair seperti JSM Cheraga dan CR Belouizdad. Musim lalu, dia mencetak sembilan gol dalam 30 pertandingan.

Slimani melakoni debutnya untuk timnas Aljazair pada Mei 2012 dan sejauh ini telah mengumpulkan 23 caps. Striker berusia 26 tahun itu telah menyumbangkan 12 gol untuk negaranya.


(mfi/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed