DetikSepakbola
Jumat 27 Juni 2014, 09:10 WIB

Gyan Kini Pemain Afrika Tertajam di Piala Dunia

- detikSport
Gyan Kini Pemain Afrika Tertajam di Piala Dunia REUTERS/Jorge Silva
Brasilia - Rekor pemain Afrika tertajam di Piala Dunia tak lagi jadi milik Roger Milla, setelah Gyan Asamoah melewati torehan pemain legendaris Kamerun itu di laga melawan Portugal.

Pada laga hidup mati antara Ghana dan Portugal di Porto Alegre, Kamis (26/6) malam WIB, tepatnya di menit menit 57, Gyan memaksa skor jadi imbang 1-1 setelah Portugal unggul lebih dulu di babak pertama.

Ia meneruskan umpan Kwadwo Asamoah dan sempat menaikkan harapan Ghana untuk lolos dari grup. Meski akhirnya gol itu tak berarti apapun karena Ghana akhirnya kalah 1-2 dan harus tersingkir di fase grup.

Namun satu gol itu berarti besar bagi Gyan mengingat saat ini ia adalah topskorer asal Benua Afrika di Piala Dunia dengan enam gol, melampaui catatan gol milik Milla dengan lima gol.

Gyan mulai mengoleksi pundi golnya di Piala Dunia pada 2006. Dia mengemas gol semata wayang Ghana atas Republik Ceko.

Empat tahun berikutnya di Afrika Selatan, Gyan menjadi pahlawan Ghana di tiga pertandingan. Dia mencetak gol kemenangan atas Serbia (1-0), hasil seri dengan Australia (1-1), dan kemenangan atas Amerika Serikat (1-0).

Saat di Afsel, Gyan bisa membantu Ghana lolos ke semifinal karena dia mendapat kesempatan jadi eksekutor penalti. Tendangan penalti Ghana ke Uruguay terjadi akibat handball Luis Suarez. Sayang sekali, pemain klub Uni Emirat Arab Al Ain itu gagal mencetak gol dari titik putih.

Pada Piala Dunia 2014, Gyan melesakkan satu gol dalam pertandingan melawan Jerman. Golnya ke gawang Manuel Neuer membuat Jerman tertinggal 1-2, sebelum disamakan oleh Miroslav Klose. Itulah gol kelima Gyan di Piala Dunia, yang kemudian ditambah lagi saat Gyan menjebol gawang Beto malam tadi.


(mrp/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed