DetikSepakbola
Minggu 29 Juni 2014, 06:28 WIB

James Rodriguez: Muda, Cepat, Menjanjikan

- detikSport
James Rodriguez: Muda, Cepat, Menjanjikan Getty Images/Alexandre Loureiro
Rio de Janeiro -

James Rodriguez jadi salah satu pemain yang diperbincangkan selama perhelatan Piala Dunia 2014. James membuktikan bahwa dia tidak hanya cepat, tetapi juga tangguh dan kuat.

Ditambah dengan usianya yang baru 22 tahun, James terbilang menjanjikan. Tidak akan mengherankan jika setelah Piala Dunia ini jika ada klub-klub besar Eropa dirumorkan mau menggaetnya.

Berkat dua golnya ke gawang Uruguay, Minggu (29/6/2014) dinihari WIB, James kini jadi pencetak gol terbanyak sementara di Piala Dunia 2014 dengan lima gol.

Gol pertamanya ke gawang Uruguay bisa disebut sebagai gol yang brilian, bahkan mungkin masuk kandidat gol terbaik di Piala Dunia 2014.

Menerima bola lambung tepat di depan kotak penalti Uruguay, pemain AS Monaco tersebut menahan bola dengan dadanya sembari memutar badan. Ketika sudah berada dalam sudut 90 derajat dari arah gawang Uruguay, dia langsung menghantam bola dengan sepakan voli kaki kiri.

Bola yang dihantamnya itu melejit dan menerpa mistar gawang Uruguay, sebelum akhirnya memantul ke bawah dan masuk ke dalam gawang.

Kegemilangan James tidak berhenti sampai di situ. Di babak kedua, dia mencetak satu gol tambahan lagi usai menerima umpan sundulan dari Juan Cuadrado. Kali ini, gol dilesakkannya dengan tembakan jarak dekat di depan gawang Uruguay.

Oleh FIFA, James kini ditempatkan sebagai pemain dengan rating terbaik, yakni 9,79. Kelima buah gol yang ditorehkannya sepanjang Piala Dunia kali ini, dia hasilkan dari 15 shots.

Sebagai pemain, James bisa bermain di dua posisi, yakni sebagai winger ataupun gelandang serang di belakang penyerang. Selain kemampuan finishing-nya cukup mumpuni, James juga jago melepas umpan terobosan atau passing akurat.

Selain itu, seperti yang diperlihatkannya pada laga melawan Uruguay, dia juga piawai dalam melepaskan tendangan jarak jauh. Kemampuannya dalam menggiring bola juga memungkinkannya melakukan cutting inside dari sisi sayap.

Salah satu bukti kepiawaiannya dalam menggiring dan mengolah bola adalah ketika melawan Jepang di fase grup. Kolombia menang 4-1 pada laga tersebut dan James, yang baru dimainkan pada menit ke-46, menyumbang satu gol.

Pada menit ke-90, James menerima sebuah umpan terobosan. Dia kemudian menggiring bola ke dalam kotak penalti dan mengecoh Maya Yoshida. James bergerak ke kanan, membuat Yoshida bergerak ke kiri. Namun, ketika Yoshida bergerak ke kanan untuk menutup ruang tembaknya, James dengan gesit berkelit ke kiri dan langsung melepaskan tembakan.

Gol pun tercipta dan Yoshida hanya bisa tergeletak pasrah sudah dikerjai sedemikian rupa.






(roz/rin)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed