DetikSepakbola
Minggu 06 Juli 2014, 08:18 WIB

Kepahlawanan Krul Tutupi Performa Luar Biasa Keylor Navas

- detikSport
Kepahlawanan Krul Tutupi Performa Luar Biasa Keylor Navas AFP/Gabriel Bouys
Salvador -

Laga Belanda vs Kosta Rika bisa jadi merupakan laga yang "tidak adil" buat Keylor Navas. Tampil oke selama 120 menit, performanya akhirnya tertutupi oleh kisah kepahlawanan Tim Krul.

Kebrilianan Navas sudah terlihat sejak laga pertama Kosta Rika di Piala Dunia 2014 ini. Selain kerap melakukan penyelamatan bagus, patut diingat pula bahwa sebelum menghadapi Belanda di babak perempatfinal, gawang Navas hanya bobol dua kali. Satu lewat tendangan penalti Edinson Cavani dan satu lewat tendangan Sokratis Papastathopoulos.

Navas juga membuat para pemain Belanda kesulitan untuk mencetak gol pada laga di Stadion Fonte Nova, Salvador, Minggu (6/7/2014) dinihari WIB. Dalam catatan situs resmi FIFA, penjaga gawang berusia 27 tahun tersebut melakukan tujuh buah penyelamatan selama 120 menit.

Ketika laga memasuki babak adu penalti, pelatih Kosta Rika, Luis Pinto, tampak bersorak. Dia seperti sudah menduga bahwa hal ini akan terjadi sebelumnya.

Sementara itu, di kubu sebelah, Louis van Gaal memilih untuk memasukkan Krul dan menarik keluar Jasper Cillessen. Krul, yang sudah melakukan pemanasan sejak menit ke-111, memang dimasukkan hanya untuk adu penalti.

Hasilnya? Navas gagal memblok satu pun tendangan pemain Belanda. Sementara Krul sukses memblok tendangan Bryan Ruiz dan Michael Umana.

Belanda pun lolos ke semifinal untuk berhapan dengan Argentina dan Krul dinobatkan sebagai pahlawan De Oranje. Strategi Van Gaal untuk mengganti kiper pun mendapatkan pujian.

"Pergantian pemain itu luar biasa! Jika Anda melihat hal seperti ini, Anda layak untuk memujinya," ujar penyerang Belanda, Robin van Persie, seperti dilansir BBC.

"Kami sudah tahu bahwa Tim Krul jago dalam memblok tendangan penalti," lanjut Van Persie.


(roz/rin)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed