DetikSepakbola
Minggu 13 Juli 2014, 06:37 WIB

Performa Apik Blind Berujung Gol Pertamanya untuk Timnas

- detikSport
Performa Apik Blind Berujung Gol Pertamanya untuk Timnas AFP/Vanderlei Almeida
Brasilia -

Sejak awal perhelatan Piala Dunia 2014, Daley Blind sudah mampu menarik perhatian. Performa apiknya akhirnya terbayar dengan gol debutnya untuk tim nasional Belanda.

Blind, anak dari mantan bek sekaligus kapten Ajax Amsterdam, Danny Blind, diplot oleh Louis van Gaal untuk menempati posisi bek kiri. Sejak pensiunnya Giovanni van Bronckhorst, memang belum ada lagi bek kiri yang dinilai bisa tampil oke. Bek kiri Belanda pada Euro 2012, Jetro Willems, malah dinilai tampil di bawah standar di turnamen itu.

Lalu muncullah Blind. Mengawali kariernya di mana sang ayah mendapatkan nama, Blind perlahan-lahan jadi salah satu pemain paling berpengaruh di Eredivisie. Pada musim 2013/2014, pemain berusia 24 tahun itu dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Eredivisie.

Satu tempat di skuat Belanda untuk berlaga di Piala Dunia pun didapatkan. Sebagai pemain, Blind juga dikenal cukup versatile atau serba bisa. Selain bisa bermain sebagai bek kiri, dia juga bisa dimainkan sebagai gelandang bertahan. Bahkan, Louis van Gaal sempat menempatkannya sebagai bek tengah ketika Bruno Martins Indi cedera di fase grup.

Berawal dari memberikan dua assist pada laga pembuka Grup B, ketika Belanda melumat Spanyol 5-1, Blind tampil tidak tergantikan di pos bek kiri. Dia tidak hanya piawai membantu serangan, memberi umpan, tetapi juga melakukan intersep dan melakukan clearance.

Pada laga teranyarnya, yakni kala menghadapi Brasil di perebutan tempat ketiga, Blind kembali bermain apik. Dalam catatan Squawka, pada babak pertama saja dia mampu memberikan 87% passing akurat, memenangi seluruh perebutan bola di udara, melakukan 1 intersep, dan membuat 3 clearance.

Performa bagusnya di babak pertama itu kemudian dilengkapinya dengan sebuah gol di menit ke-17.

Gol tersebut bermula dari pergerakan yang dilakukan Arjen Robben di sisi kiri pertahanan Brasil. Seraya Robben berlari sampai ke titik terujung lapangan, barisan pertahanan Brasil pun tertarik sampai bertahan di depan gawang mereka sendiri.

Blind pun menyadari ada ruang di sekitar titik penalti milik Brasil dan dia pun bergerak dari sisi kiri menuju area tersebut. Ketika umpan Robben masih bisa dihalau oleh David Luiz tepat di depan gawang, Blind terbukti mengambil keputusan yang tepat. Bola jatuh ke arahnya, dan karena tidak ada satu pun pemain lawan yang mengawalnya, Blind dengan tenang melepaskan sepakan kaki kanan ke sudut atas gawang Brasil.

Gol pun tercipta dan Belanda unggul 2-0. Buat Blind, itu adalah gol pertamanya untuk Oranje setelah bermain sebanyak 19 kali untuk tim nasionalnya itu.


(roz/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed