DetikSepakbola
Rabu 02 Juli 2014, 05:36 WIB

Taklukkan AS Lewat Laga Sengit, Belgia Tantang Argentina di Perempatfinal

- detikSport
Taklukkan AS Lewat Laga Sengit, Belgia Tantang Argentina di Perempatfinal Getty Images Sport/Laurence Griffiths
Salvador -

Belgia melaju ke babak perempatfinal setelah menaklukkan Amerika Serikat 2-1. Setelah mengakhiri waktu normal tanpa gol, tiga gol tercipta di perpanjangan waktu.

Laga yang berlangsung di Arena Fonte Nova, Rabu (2/7/2014) dinihari WIB tersebut berjalan sengit. Kedua tim tampil terbuka dan saling melancarkan serangan.

Sebagaimana dilansir whoscored, Belgia tercatat punya 17 tendangan on target dan satu peluang dimentahkan mistar gawang. Sementara AS kendati cuma punya lima upaya tepat sasaran, tampil lebih dominan dalam penguasaan bola dengan perbandingan 54%-46%.

Kedua tim tampil sama kuat selama 90 menit. Masuknya Romelu Lukaku di babak tambahan kemudian menjadi pembeda. Gol pertama Belgia yang ditorehkan Kevin de Bruyne tercipta berkat aksi tusukannya, sebelum mencatatkan namanya sendiri di papan skor.

AS pada prosesnya sempat memperkecil ketertinggalan lewat Julian Green. Setelahnya, tak ada lagi gol tercipta.

Dengan kemenangan ini, Belgia melaju ke perempatfinal dan akan menantang Argentina di Estadio Mane Garrincha, Sabtu (5/7/2014) malam WIB.

Jalannya Pertandingan

Baru semenit berjalan, Belgia dapat peluang. Kevin de Bruyne melepaskan umpan terobosan dan diterima Divock Origi yang berlari cukup bebas memasuki sisi kanan kotak penalti. Tendangan dilancarkan, namun Tim Howard sudah siap menepis.

Selanjutnya tak ada peluang yang benar-benar berarti hingga menit ke-20. Kedua tim sama-sama bermain terbuka dan saling serang, namun tak berhasil menciptakan kesempatan bagus.

Menginjak menit ke-21, AS mendapatkan kans. Michael Bradley berupaya merangsek ke dalam kotak penalti lewat tengah, namun dihentikan oleh bek sementara bola bergulir bebas ke jangkauan Clint Dempsey. Nama terakhir mencoba mengarahkan tendangan ke pojok kiri bawah, tapi terbaca oleh Thibaut Courtois.

Belgia balas mengancam lewat sebuah serangan balik dua menit berselang. Jan Vertonghen mengoper bola ke De Bruyne yang dalam posisi bebas di sisi kiri. Setelah mendapatkan bola, De Bruyne lantas melakukan manuver memotong ke tengah dan menyelesaikannya dengan sebuah tendangan. Masih melenceng.

Giliran Eden Hazard di menit ke-29 yang mencatatkan peluang untuk Belgia. Dari sebuah serangan balik, Hazard mendapatkan ruang tembak di luar kotak penalti. Belum menemui hasil, upayanya tepat mengarah ke pelukan Tim Howard.

AS merespons di menit ke-33. Dari sepak pojok, Dempsey mendapatkan bola di dalam kotak penalti. Melihat tak ada ruang, dia menyodorkan bola ke Jermaine Jones di depak kotak penalti. Tapi tendangan keras Jones cuma melesat ke samping kiri gawang.

Jelang turun minum, Belgia melancarkan serangan balik dan berbuah peluang. Tak jauh dari kotak penalti, Origi memberikan umpan ke De Bruyne yang langsung menyambutnya dengan tendangan di kesempatan pertama. Terbaca dengan baik oleh Howard. Babak pertama berakhir.

Belgia langsung menekan sejak peluit babak kedua dibunyikan. Pada menit ke-48, De Bruyne yang berdiri di sisi kanan mendapatkan bola dari Origi. Dia kemudian melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti, menemui kepala Dries Mertens yang menanduk tanpa kawalan. Howard dengan gemilang men-tip bola melewati mistar.

Sebuah kesempatan lain diciptakan oleh Marouane Fellaini pada menit ke-52. Namun upayanya dari jarak jauh masih melambung di atas mistar.

Tekanan berlanjut tiga menit berselang. Vertonghen menusuk ke sisi kiri dan mengirim umpan silang ke muka gawang AS. Tiga pemain Belgia berupaya menjangkau bola, akan tetapi tak satupun berhasil membelokkan ke gawang.

Ancaman belum beranjak dari gawang AS dan Belgia nyaris mendapatkan keunggulan di menit ke-56. Dari sisi kiri, Toby Alderweireld melepaskan umpan silang dan ditanduk oleh Origi. Bola tak mampu dijangkau Howard, tapi dimentahkan oleh mistar gawang.

Giliran Axel Witsel melancarkan sebuah upaya di menit ke-69. Belum juga membuahkan hasil, tendangan kerasnya melenceng tipis di kiri gawang AS.

Tak lama berselang, AS hampir kebobolan. Kevin Mirallas berupaya menusuk ke kotak penalti, tapi kandas oleh tiga pemain yang menghentikannya. Bola kemudian bergulir ke kaki Origi yang tinggal berhadapan dengan Howard. Tendangan dilepaskan, tapi dimentahkan dengan lutut oleh Howard.

Giliran Mirallas yang menebar bahaya ke gawang AS. Berawal dari umpan Hazard ke Origi, bola lalu diteruskan ke Mirallas. Nama terakhir mengarahkan bola ke gawang, lagi-lagi digagalkan Howard.

Howard melanjutkan penampilan impresifnya di menit ke-79, kala mengagalkan tendangan keras nan terarah Hazard dari luar kotak penalti.

Belgia terus menggempur pertahanan AS. Memasuki menit ke-86, Origi melancarkan tendangan keras dari luar kotak penalti meneruskan umpan Hazard. Ditepis melewati mistar oleh Howard.

Di menit ke-90, Howard kembali melakukan penyelamatan gemilang. Dari sebuah serangan balik, De Bruyne mengirim bola ke tengah kotak penalti dan menemukan Kompany tak terkawal. Kapten Belgia itu menyambut, kendati tendangannya tak sempurna bola tetap mengarah ke gawang. Howard yang sempat salah menebak arah susah payah menepis.

Jelang laga berakhir, AS mendapatkan sebuah kesempatan emas. Umpan Jones diterima Chris Wondolowski yang terbebas dari jebakan offside tepat di muka gawang Belgia dan tanpa kawalan. Tapi peluang terbuang sia-sia setelah tendangannya melenceng jauh dari gawang. Babak kedua usai.

Tiga menit babak pertama waktu tambahan berjalan, Belgia memecah kebuntuan. Romelu Lukaku memimpin sebuah serangan balik dan menusuk ke sisi kanan sebelum kemudian melepaskan umpan ke De Bruyne. Bola sempat disentuh oleh bek AS, namun De Bruyne berhasil merebut kembali dan mengarahkan bola mendatar ke pojok kiri bawah.

Peluang lain untuk Belgia lahir di menit ke-97. Kali ini giliran De Bruyne memberikan umpan untuk Lukaku. Tapi tembakan Lukaku masih mampu dibaca oleh Howard.

Lukaku kembali mengancam tak lama kemudian. Setelah melewati Gonzalez, dia mengarahkan bola ke gawang. Howard sigap menghentikan.

Upaya Lukaku pada akhirnya membuahkan hasil. Pada menit ke-105, dia meneruskan umpan De Bruyne dengan sebuah sepakan keras melewati Howard.

Setelah digempur habis-habisan, AS mampu memperkecil ketertinggalan di menit ke-107. Sebuah umpan terobosan lambung diselesaikan dengan tembakan voli oleh Julian Green, deras menghujam gawang Courtois.

AS nyaris saja menyamakan kedudukan semenit berselang. Umpan silang dari sisi kanan ditanduk DeAndre Yedlin ke hadapan Jones, yang lantas menyontek bola. Tipis melenceng ke kanan gawang.

Peluang lain untuk AS lahir di menit ke-114. Dari tendangan bebas, Bradley menyodorkan bola ke Wondolowski yang dengan satu sentuhan meneruskannya ke Dempsey. Tinggal berhadapan dengan kiper, kapten AS itu gagal menyelesaikan peluangnya.

Tak ada lagi gol tercipta.

Susunan pemain:

Belgia: Courtois; Alderweireld, Van Buyten, Kompany, Vertonghen; Fellaini, Witsel; Mertens (Mirallas 60'), De Bruyne, E Hazard (Chadli 111'); Origi (Lukaku 91')

AS: Howard; Johnson (Yedlin 32'), Gonzalez, Besler, Beasley; Jones, Cameron, Bradley, Bedoya (Green 105'), Zusi (Wondolowski 73'); Dempsey


(raw/mfi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed