sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 18 Feb 2010 11:03 WIB

Afsel Siapkan Fasilitas Buat Tamu Muslim

- detikSport
Johannesburg - Afrika Selatan ingin mempersiapkan Piala Dunia 2010 dengan matang di segala aspeknya. Tak terkecuali persiapan fasilitas khusus bagi para tamu yang beragama Islam.

Sebanyak 32 negara akan berlaga di Piala Dunia di Afrika Selatan pada Juni hingga Juli 2010 mendatang. Sejumlah komunitas Muslim Afrika Selatan pun ikut disibukkan dalam menyambut warga dunia ke negeri mereka.

Di antara upaya menyambut saudara-saudara seagamanya itu mereka mendirikan organisasi Halal seperti NIHT, yang akan memandu tamu-tamu yang bergama Islam.

NIHT nantinya akan menyediakan para sukarelawan di luar stadion yang akan membantu para penonton muslim untuk mendapati restoran berlabel halal dan fasilitas beribadah (salat).

Selain itu NIHT juga fokus terhadap produk non-makanan dan minuman seperti permen, cokelat dan lain-lain, yang kemungkinan mengandung bahan yang dilarang dikonsumsi oleh kaum beragam islam.

"Para sukarelawan akan ditempatkan di luar stadion-stadion dan menangani soal restoran yang halal, produk-produk dan tempat-tempat beribadah di kota tersebut. Mereka juga akan menjawab setiap pertanyaan dari penonton Muslim," terang Moulana Abdul Wahab Wookay, kepala NIHT.

"Makanan dan minuman adalah satu hal, tapi seperti cokelat, permen dan obat-obatan bisa saja mengandung bahan non-halal seperti babi atau esktrak dari hewan yang dilarang dibunuh dalam Islam. Maka dari itu, detil sungguh penting," sambung dia dikutip dari situs resmi Piala Dunia.

Sementara itu, Dewan Ulama Muslim yang dipusatkan di Johannesburg juga tidak mau ketinggalan. Mereka merencanakan membuat brosur panduan yang berguna bagi musafir muslim.

"Brosur-brosur tersebut akan dibuat dan disebarkan di semua hotel-hotel besar, penginapan dan bandara di setiap provinsi. Brosur berisi informasi yang membantu para traveller muslim," jelas seorang anggota dewan ulama, Moualana Bilal Vaid.

Disebutkan pula, sejumlah masjid tambahan akan dibuka kendati saat ini Afrika Selatan telah memiliki 500 masjid. "Sebuah kewajiban bagi Muslim untuk menjalankan salat lima waktu," demikian Vaid.



(a2s/nar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com