DetikSepakbola
Kamis 17 Mei 2018, 12:35 WIB

Ada Tips Dekati Perempuan Rusia dari Federasi Sepakbola Argentina

Kris Fathoni W - detikSport
Ada Tips Dekati Perempuan Rusia dari Federasi Sepakbola Argentina Federasi Sepakbola Argentina (AFA) minta maaf atas adanya tips mendekati perempuan Rusia (Foto: David Ramos/Getty Images)
Buenos Aires - Federasi Sepakbola Argentina (AFA) harus minta maaf menyusul adanya tips mendekati perempuan Rusia di Piala Dunia 2018 dalam buku panduan acara seminar mereka.

Pada hari Selasa (15/4/2018) lalu AFA mengadakan seminar pengenalan bahasa dan budaya Rusia untuk para petinggi federasi, pemain, pelatih, dan jurnalis yang akan berangkat ke Rusia untuk Piala Dunia di musim panas.

Seminar itu berlangsung di bawah arahan mentor bahasa Rusia Eduardo Pennisi dan dilangsungkan di markas AFA di Buenos Aires. Para peserta acara ini masing-masing juga mendapatkan buku panduan terkait materi dengan Piala Dunia mendatang.


Yang jadi kontroversi, salah satu halaman buku panduan itu menyertakan bagaimana caranya untuk bisa melakukan pendekatan asmara terhadap perempuan-perempuan Rusia.

Hal itu sendiri dengan cepat disadari AFA, yang langsung meminta para peserta seminar untuk mengembalikan buku panduan tersebut. Setelah halaman kontroversial itu dicabut, buku panduan tersebut dibagi ulang.

AFA juga langsung melakukan penyelidikan. Kesimpulannya, materi kontroversial itu disebut tercetak dengan keliru.

"Mentor yang bertugas saat itu sudah memilih informasi-informasi yang akan dibagikan tapi sayangnya, akibat kesalahan yang tidak disengaja, ia menyertakan teks yang tidak pernah menjadi bagian seminar," kata AFA seperti dikutip ESPN FC.


"Kami minta maaf sebesar-besarnya kepada pihak yang tersinggung dengan materi tersebut, yang sama sekali tidak mencerminkan pola pikir AFA maupun Presiden AFA Claudio Tapia, juga para pejabatnya," tutur pernyataan tersebut.

Sementara itu Pennisi, si mentor bahasa Rusia, mengatakan kepada media Argentina Clarin bahwa AFA sudah menyetujui isi buku panduan, yang ia tulis, dan bahwa bagian yang kontroversial tidak ditulis dengan niat buruk.

Pada halaman dimaksud, Clarin di antaranya mengutip tulisan, "Perempuan-perempuan Rusia suka pria yang bisa mengambil inisiatif. Jika Anda tidak percaya diri maka Anda harus berlatih bicara dengan banyak perempuan."



(krs/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed