DetikSepakbola
Kamis 09 Maret 2017, 05:34 WIB

Inilah Barca!

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Inilah Barca! Foto: Getty Images Sport/Laurence Griffiths
Barcelona - Barcelona memutarbalikkan sesuatu yang diperkirakan mustahil terjadi. Kemenangan dramatis atas Paris Saint-Germain menunjukkan Barca ada untuk hal-hal semacam itu.

Barca menjamu PSG di Camp Nou, Kamis (9/3/2017) dinihari WIB di leg kedua babak 16 besar Liga Champions dengan situasi berat, tertinggal 0-4 secara agregat. Butuh kemenangan minimal 5-0 untuk bisa membalikkan keadaan.



Tapi Blaugrana menolak menyerah sebelum duel benar-benar berakhir. Mereka menekan sejak kick-off, berupaya 'mencekik' PSG di pertahanannya.

Dan Barca langsung mendapatkan kepercayaan diri ketika Luis Suarez mencetak gol di menit ketiga. Sebuah gol bunuh diri dari Layvin Kurzawa di menit ke-40 membuka harapan lebih lebar.

Lionel Messi memperlebar keunggulan di menit ke-50, namun kemudian Barca mendapatkan pukulan telak dari gol Edinson Cavani di menit ke-62. Barca tertinggal 3-5 dan butuh tiga gol untuk lolos.

Yang terjadi kemudian, di penghujung laga Barca mencetak tiga gol: Neymar bikin dua gol di menit ke-88 dan 91, lalu Sergi Roberto memastikan timnya berpesta di menit ke-95. Barca pun jadi tim pertama dalam sejarah yang lolos usai kalah 0-4 di laga pertama.

Sergi Roberto tak menampik gol Cavani membuat keadaan runyam. Meski demikian ada kebanggaan darinya melihat Barca tak menyerah sampai detik terakhir.

"Itu adalah laga yang sangat rumit, setelah gol Cavani. Kami harus mencetak tiga gol tapi kami bekerja sangat keras," katanya dikutip Marca.

"Kalau hasil ini membuktikan sesuatu, itu adalah bahwa Barcelona ada untuk laga-laga semacam ini. Kami meraih ini berkat para penggemar, sekarang kami akan merayakannya dan kemudian memikirkan liga," imbuh pemain 25 tahun ini.

Sakin gembiranya mencetak gol penentu kelolosan, Sergi Roberto mengaku lupa bagaimana proses golnya. Sebuah umpan lambung dari Neymar dituntaskannya dengan sontekan kaki kanan, usai meloloskan diri dari jebakan offside.

"Saya tak tahu bagaimana saya mencetak gol. Saya terjebak dalam semua nuansa ini, saya cuma merasa sangat senang," tandasnya.
(raw/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed