DetikSepakbola
Kamis 16 Mar 2017, 04:42 WIB

Liga Champions

Monaco Singkirkan City

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Monaco Singkirkan City Foto: Getty Images Sport/Michael Steele
Monako -

AS Monaco sukses membalikkan keadaan dan lolos ke perempatfinal Liga Champions. Monaco menyingkirkan Manchester City lewat kemenangan 3-1.

Menjamu City di Stade Louis II, Kamis (16/3/2017) dinihari WIB pada laga leg kedua babak 16 besar, Monaco dalam posisi tertinggal 3-5 dari kekalahan di leg pertama. Dalam situasi ini, Monaco memulai laga dengan agresif dan menekan City.

Baru delapan menit, tuan rumah memetik keunggulan lewat Kylian Mbappe. Satu gol tambahan dari Fabinho di menit ke-29 memastikan Monaco menutup babak pertama di atas angin. Skor agregat 5-5 dan mereka unggul gol tandang.

Tapi di babak kedua City meningkatkan intensitas dan gencar menekan. Leroy Sane sukses mencetak gol di menit ke-71 dan kembali mendesak Monaco, membuat City kini unggul 6-5 secara agregat.

Monaco yang bergerak cepat lantas merespons enam menit berselang. Tiemoue Bakayoko mencetak gol dan membuat agregat kembali sama kuat 6-6, dengan timnya unggul gol tandang. Skor tak berubah lagi sampai laga selesai.

Hasil ini memastikan Monaco lolos ke perempatfinal. Sementara tersingkirnya City membuat Inggris praktis tinggal menyisakan Leicester City sebagai wakil tersisa.

Jalannya Pertandingan

Monaco langsung berupaya tampil menyerang dan agresif selepas sepak mula. Di menit ke-7, tuan rumah langsung mendapatkan peluang lewat sepakan Kylian Mbappe yang dihalau Willy Caballero.

Semenit berselang, City kebobolan. Sepakan Benjamin Mendy di sisi kiri di dalam kotak penalti mulanya diblok John Stones.

Bola pantulan lantas diambil Bernardo Silva, yang mengarahkan umpan datar ke depan gawang. Umpannya kemudian disontek Mbappe melewati kedua kaki Caballero dan berbuah gol.

City cukup kesulitan mengembangkan permainan. Sementara intensitas tinggi Monaco membuat mereka makin kewalahan.

Di menit ke-16, Monaco kembali mengoyak gawang City lewat Mbappe. Tapi hakim garis sudah lebih dulu mengangkat bendera tanda offside, ketika Mbappe menerima umpan Fabinho.

City yang biasanya menguasai permainan lewat penguasaan bola kali ini tak bisa menerapkan gaya tersebut. Monaco selalu bisa merebut penguasaan dan memainkan bola.

Di menit ke-29, Monaco mencetak gol kedua. Umpan silang Mendy disambar Fabinho di tengah kotak penalti yang tak terkawal.

Monaco kembali membangun serangan di menit ke-39. Kali ini sepakan Fabinho terblok oleh Kolarov.

Sampai babak pertama usai, City tak berhasil mengancam gawang Monaco. Tim tamu bahkan belum mencatatkan satupun percobaan.

Di babak kedua, City mulai lebih menguasai permainan. Di menit ke-56, Raheem Sterling mendapatkan umpan terobosan di sisi kanan, lalu memilih mengoper ke Aguero di tengah. Tapi operannya terbaca dan dihalau Andrea Raggi sebelum disambut Aguero.

City kembali mendapatkan peluang di menit ke-62. Aguero menerima umpan dari Leroy Sane di dalam kotak penalti dan dalam posisi cukup bebas, hanya saja tembakannya melambung.

Tiga menit berselang, Aguero kembali membuang peluang. Fernandinho mengirimkan umpan terobosan terukur untuk Silva, yang kemudian diteruskan ke Aguero yang berlari bebas di sisi kanan. Aguero melepaskan sepakan, namun Danijel Subasic sigap bergerak maju dan menghalau bola.

Di menit ke-67, Sane mendapatkan umpan terobosan dari Silva di sisi kiri dan melepaskan sepakan dari sudut sempit. Cuma berakhir di samping gawang.

City pada prosesnya mencetak gol di menit ke-71. Sterling menusuk dari kanan dan bergerak memotong ke tengah, sebelum akhirnya melepas sepakan mendatar. Bola ditepis Subasic, tapi Sane yang lolos dari pengawalan menyambar bola pantulan.

Tapi hanya enam menit City merasakan kedudukan di atas angin. Pada menit ke-77, mereka kemasukan dari situasi bola mati. Tendangan bebas Thomas Lemar dari kanan ditanduk Tiemoue Bakayoko ke pojok kanan gawang tanpa mampu dijangkau Caballero.

City berusaha meningkatkan intensitas serangan dengan memasukkan Kelechi Iheanacho untuk menggantikan Gael Clichy. Tapi Monaco yang merapatkan pertahanan tak memberikan celah untuk mereka. Tak ada lagi gol sampai laga berakhir.

Susunan pemain:

Monaco: Subasic; Jemerson, Raggi (Toure 70'), Sidibe, Mendy; Fabinho, Silva, Lemar, Bakayoko; Germain (Dirar 90'), Mbappe (Moutinho 81')

Man City: Caballero; Sagna, Stones, Kolarov, Clichy (Iheanacho 84'); Fernandinho; Sterling, Silva, De Bruyne, Sane; Aguero
(raw/mfi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Mancini Sudah Siap Melatih Lagi

    Sepakbola | Senin 27 Mar 2017, 12:33 WIB Roberto Mancini siap melatih lagi setelah hampir setahun mengganggur. Soal di mana dia akan melatih, Mancini memprioritaskan klub-klub Eropa.
  • Pujian-pujian Lallana untuk Defoe

    Sepakbola | Senin 27 Mar 2017, 12:11 WIB Jermaine Defoe tampil seperti saat masih berusia 25 tahun dalam laga dengan Lithuania. Adam Lallana menyanjung stiker gaek itu atas gol yang berhasil dibuat.
  • Foto Sepakbola

    Inggris Perkasa di Wembley

    Sepakbola | Senin 27 Mar 2017, 09:15 WIB Tim nasional Inggris memetik kemenangan saat menjamu Lithuania di lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018. The Three Lions menang dengan skor 2-0.
  • Vardy Tegaskan Mata Kirinya Tak Bermasalah

    Sepakbola | Senin 27 Mar 2017, 07:30 WIB Striker timnas Inggris, Jamie Vardy, mengalami masalah pada mata sebelah kirinya di laga melawan Lithuania. Dia menegaskan matanya baik-baik saja.
  • Pujian Hart untuk Defoe

    Sepakbola | Senin 27 Mar 2017, 04:41 WIB Jermain Defoe melakukan comeback manis di tim nasional Inggris. Penampilan striker Sunderland itu dipuji oleh Joe Hart.
  • Hummels: Jerman Sedikit Arogan

    Sepakbola | Senin 27 Mar 2017, 04:36 WIB Mats Hummels mengakui Jerman tak bermain maksimal saat menghadapi Azerbaijan. Menurut bek Bayern Munich itu, Die Mannschaft tampil sedikit arogan.
  • Antusiasme Kroos Hadapi Bayern

    Sepakbola | Senin 27 Mar 2017, 04:11 WIB Toni Kroos akan menghadapi mantan timnya ketika Real Madrid bertemu Bayern Munich di perempatfinal Liga Champions. Bayern disebutnya akan jadi tantangan besar.
  • Belanda Pecat Danny Blind

    Sepakbola | Senin 27 Mar 2017, 03:46 WIB Danny Blind kehilangan jabatannya sebagai pelatih timnas Belanda. Blind dipecat lantaran timnya meraih hasil-hasil buruk di kualifikasi Piala Dunia 2018.
  • Belotti Janji Akan Bertahan di Torino Musim Depan

    Sepakbola | Senin 27 Mar 2017, 01:55 WIB Andrea Belotti jadi incaran banyak klub besar setelah tampil gemilang bersama Torino. Tapi, striker timnas Italia itu berjanji tak akan meninggalkan Il Toro.
  • Jangan Lepas Aguero, City!

    Sepakbola | Senin 27 Mar 2017, 01:37 WIB Sergio Aguero kini mendapatkan pesaing di lini depan Manchester City. Kendati demikian, The Citizens disarankan tak melepas pemain asal Argentina itu.
  • Kualifikasi Piala Dunia 2018

    Inggris Atasi Lithuania 2-0

    Sepakbola | Senin 27 Mar 2017, 01:12 WIB Tim nasional Inggris memetik kemenangan saat menjamu Lithuania di lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018. The Three Lions menang dengan skor 2-0.
  • Kualifikasi Piala Dunia 2018

    Gilas Azerbaijan, Jerman Masih Sempurna

    Sepakbola | Senin 27 Mar 2017, 00:52 WIB Jerman mempertahankan kesempurnaan mereka di kualifikasi Piala Dunia 2018. Die Mannschaft kembali memetik poin penuh setelah menggilas Azerbaijan 4-1.
  • Nainggolan Dinilai Pantas Masuk Tim-Tim Terbaik

    Sepakbola | Minggu 26 Mar 2017, 23:02 WIB Radja Nainggolan diyakini akan kembali masuk daftar incaran tim-tim terbaik, khususnya dari Inggris. Gelandang AS Roma ini diyakini sepantasnya mendapatkannya.
  • Pujian Coutinho untuk Neymar

    Sepakbola | Minggu 26 Mar 2017, 22:40 WIB Philippe Coutinho menyanjung Neymar sebagai sosok yang penting untuk timnas Brasil. Gelandang serang Liverpool itu pun senang bisa main bersama Neymar.
  • Pirlo Ungkap Alasan Tinggalkan Milan

    Sepakbola | Minggu 26 Mar 2017, 22:37 WIB Andrea Pirlo mengungkapkan sebab dirinya meninggalkan AC Milan. Dia menyebut faktor terbesarnya adalah soal kesempatan bermain.
  • Persib Tertahan di Laga Klasik Kontra PSMS

    Sepakbola | Minggu 26 Mar 2017, 22:18 WIB Laga ujicoba antara PSMS Medan vs Persib Bandung berakhir 0-0. Laga klasik era Perserikatan ini berlangsung ketat meski kedua tim saat ini berbeda level.