DetikSepakbola
Kamis 20 April 2017, 11:05 WIB

Barcelona Mesti Berkontemplasi

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Barcelona Mesti Berkontemplasi Foto: Getty Images Sport/Shaun Botterill
Barcelona - Barcelona gagal melakukan keajaiban kedua usai dipastikan tersingkir oleh Juventus. Blaugrana dinilai perlu meninjau kembali sejumlah aspek.

Barca gagal membalikkan ketertinggalan 0-3 kala menjamu Juventus di Camp Nou, Kamis (20/4/2017) dinihari WIB, pada partai leg kedua perempatfinal Liga Champions. Jangankan membalikkan keadaan, Barca bahkan tak mampu mencetak satu gol pun di tengah kebutuhan menang dengan selisih minimal empat gol.

Di hadapan suporter sendiri, Barca memang sukses menekan Juve. Mencatatkan penguasaan bola hingga 65%, Barca melepaskan 19 tembakan tapi hanya satu yang tepat target. Sementara Juve yang mengandalkan serangan balik justru mencatatkan empat sepakan mengarah ke gawang dari 12 percobaan.

Kekalahan telak 0-3 di leg pertama jelas membuat langkah Barca sudah amat berat ketika masuk ke Camp Nou malam tadi. Jikapun berhasil membalikkan keadaan dan lolos, anak-anak Catalan punya tren buruk tertinggal telak usai leg pertama dan ini bukan hal ideal.

Sebelumnya di babak 16 besar, mereka juga tertinggal dengan skor telak 0-4 dari Paris Saint-Germain di leg pertama. Bedanya, di babak ini skuat besutan Luis Enrique berhasil memunculkan keajaiban dengan membalikkan keadaan lewat kemenangan 6-1 di leg kedua.

Sergi Roberto mengakui Barca perlu mengoreksi diri dan memperbaiki kesalahan-kesalahan. Kini mereka juga mesti mengumpulkan kembali fokus untuk menyelamatkan musim lewat Liga Spanyol dan Copa del Rey.

"Para penggemar mendukung kami sampai menit terakhir, seperti seorang pemain lain. Kami memang perlu dukungan mereka untuk membalikkan keadaan, kami berterima kasih atas dukungan mereka dan berjuang sampai akhir," ujar Sergi Roberto di situs resmi klub.

"Kami menciptakan banyak peluang tapi tak satupun masuk ke gawang. Kalau masuk, kami bakal menghidupkan persaingan. Kami pulang dengan kekecewaan."

"Kami harus kritis dan melihat ke kesalahan-kesalahan kami, serta menatap akhir musim dengan cara sebaik mungkin. Kami masih punya liga dan Copa del Rey, dan setiap pertandingan akan menentukan," imbuhnya.

Barca sementara ini ada di posisi dua liga, tertinggal tiga poin dari Real Madrid yang memimpin. Sementara di Copa del Rey, mereka ada di final dan akan berhadapan dengan Alaves.
(raw/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed