DetikSepakbola
Jumat 21 April 2017, 04:43 WIB

Kalahkan Anderlecht 2-1, MU ke Semifinal Liga Europa

Lucas Aditya - detikSport
Kalahkan Anderlecht 2-1, MU ke Semifinal Liga Europa Foto: Reuters / Andrew Yates Livepic
Manchester - Manchester United melaju ke babak semifinal Liga Europa usai menyingkirkan Anderlecht. The Red Devils memetik kemenangan 2-1 dalam laga sampai babak tambahan.

Saat melakoni pertandingan di Old Trafford, Jumat (21/4/2017) dini hari WIB, MU harus memeras keringat lebih banyak. Mereka harus meladeni Anderlecht sampai babak tambahan.

Skor masih sama kuat 1-1 saat 90 menit pertandingan. Gol 'Setan Merah dibukukan oleh Henrikh Mkhitaryan. Gol itu yang disamakan oleh Sofiane Hanni.

MU yang sempat buntu, akhirnya bisa mencetak gol lewat Marcus Rashford di menit 108. Di sisa pertandingan tak ada gol tambahan, tim besutan Jose Mourinho itupun lolos ke semifinal Liga Europa.

Jalannya Pertandingan

MU mampu unggul lebih dulu. Mkhitaryan menjadi pencetak golnya. Berawal dari sebuah serangan cepat, Paul Pogba bisa mengirim umpan matang ke sisi sayap kiri. Rashford menyodorkan umpan silang ke Zlatan Ibrahimovic, tapi bisa diblok barisan belakang Anderlecht.

Bola kembali ke Rashford, yang langsung disodorkan ke Mkhitaryan. Pemain asal Armenia itu mampu menceploskan bola ke dalam gawang di menit 10.

Tiga menit berselang Jesse Lingard memberikan ancaman. Sial bagi pemain nomor punggung 14 itu, tembakannya masih bisa ditepis oleh kiper tim tamu, Ruben. Sebelumnya, upaya Paul Pogba lewat sundulan kepala juga masih bisa digagalkan Ruben.

MU kehilangan Marcos Rojo di menit 20. Dia mengalami benturan dengan salah seorang pemain Anderlecht, hingga harus ditandu keluar lapangan. Daley Blind pun dimasukkan.

MU kecolongan di menit 32. Gol Hanni itu meneruskan bola rebound tendangan dari Youri Tielemans yang menerpa mistar. Hanni menceploskan bola dari jarak dekat.

Kalahkan Anderlecht 2-1, MU ke Semifinal Liga EuropaFoto: Reuters / Andrew Yates


Pogba mencoba peruntungan lagi di menit 39. Belum membuahkan hasil, bolanya masih bisa diblok. Peluang MU di menit 42 lewat Mkhitaryan juga masih belum membuahkan hasil. Usahanya meneruskan umpan Pogba melayang jauh. Di sisa babak pertama tak ada gol tambahan, skor masih sama kuat 1-1 saat laga memasuki masa jeda.

Pemain Anderlehct, Lukasz Teodorczyk, melakukan percobaan di menit 54. Kiper MU, Sergio Romero, masi sigap untuk mengamankan bola.

MU melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Marouane Fellaini menggantikan Lingard pada menit 60. Pemain asal Belgia itu langsung mengancam lewat sundulan kepalanya tapi bisa diamankan oleh Ruben.

Rashford mendapatkan meluang emas di menit 69. Sudah melewati kiper Anderlecht, Ruben, dia malah mengarah ke sudut sempit di sisi kiri kotak penalti tim tamu. Dia gagal menceploskan bola ke gawang.

Pogba melewatkan peluang di menit 78. Pogba gagal menceploskan bola ke dalam gawang saat menerima bola matang hasil tendangan sudut.

Peluang MU terbuang lagi di menit 82. Zlatan Ibrahimovic gagal meneruskan umpan matang Michael Carrick. Sepakan penyerang asal Swedia itu menyamping jauh.

Rashford gagal menceploskan bola lagi di menit 89. Bola sepakan kaki kiri meneruskan umpan Ibrahimovic masih menyamping. Tak lama kemudian laga selesai skor masih 1-1. MU harus kehilangan Ibrahimovic yang mengalami cedera karena salah mendarat usai melakukan duel udara.

Kalahkan Anderlecht 2-1, MU ke Semifinal Liga EuropaFoto: Reuters / Andrew Yates


Mkhitaryan mampu mengancam di menit 97. Sial baginya, bolanya masih membentur pemain belakang Anderlecht hingga dengan mudah ditangkap Ruben.

Gol MU di menit 101 dianulir wasit. Pogba yang menceploskan bola ke gawang, tapi Fellaini melakukan pelanggaran saat memberi umpan ke muka gawang. Tak ada gol di 15 menit babak tambahan yang pertama.

Kebuntuan MU pecah di menit 108. Rashford yang mencatatkan namanya di papan skor. Dia mampu mengecoh dua bek Anderlecht, sebelum menceploskan bola dengan kaki kiri dari jarak dekat. Gol itu meneruskan umpan Fellaini dengan sundulan kepala.

Romero melakukan penyelamatan di menit 116. Dia menghalau bola sundulan Frank Acheampong. Martial mencetak gol di menit 119, tapi dianulir wasit karena sudah offside saat menerima umpan Pogba.

Anderlecht belum menyerah menyamakan kedudukan. Sundulan Kara Mbodji di menit 119 masih melesat. Tak lama kemudian laga selesai, MU menang dengan skor 2-1, hingga agregratnya menjadi 3-2.

Susunan Pemain:

MU: Romero, Valencia, Bailly, Rojo (Blind 20), Shaw, Pogba, Carrick, Lingard (Fellaini 60), Mkhitaryan, Rashford, Ibrahimovic (Martial 90)

Anderlecht: Ruben; Appiah, Mbodji, Spajic, Obradovic; Tielemans, Dendoncker, Hanni (Stanciu 64); Chipciu (Bruno 64), Teodorczyk (Thelin 79), Acheampon





(cas/rin)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Jelang Dortmund vs Spurs

    Misi Spurs Tandai Naik Level dengan Jadi Juara Grup

    Sepakbola | Selasa 21 November 2017, 14:11 WIB Tottenham Hotspur sudah dipastikan lolos ke fase gugur Liga Champions. Tapi Spurs belum ingin bersantai, demi jadi juara grup dan tegaskan sudah naik level.
  • Ini Kandidat-kandidat Pelatih Baru Timnas U-19

    Sepakbola | Selasa 21 November 2017, 13:48 WIB Indra Sjafri santer dikabarkan akan dipecat. Sejumlah nama pelatih mulai muncul yang digadang-gadangkan sebagai calon penggantinya. Siapa saja mereka?
  • Tim Premier League Pekan Ini

    Sepakbola | Senin 20 November 2017, 14:49 WIB Ke-11 pemain berikut tampil prima dalam posisinya masing-masing di Premier League pekan ke-12. Berikut susunan tim terbaik pekan ini, dalam skema 4-2-3-1.
  • Jelang City vs Feyenoord

    Memang Merepotkan Betul City Saat Ini

    Sepakbola | Selasa 21 November 2017, 12:48 WIB Impresifnya Manchester City mengundang pujian dari lawan. Pelatih Feyenoord Giovanni van Bronckhorst menyebut saat ini belum ada yang mampu menangani City.
  • Striker-striker Top yang Sedang Seret Gol

    Sepakbola | Senin 20 November 2017, 05:14 WIB Beberapa penyerang liga-liga Eropa sedang mengalami periode negatif. Berikut ini barisan striker yang sedang tak rajin membobol gawang lawan.
  • Jelang APOEL vs Madrid

    Waktunya Madrid Bikin Gol-Gol Lagi

    Sepakbola | Selasa 21 November 2017, 11:44 WIB Real Madrid tengah tersendat belakangan ini. Zinedine Zidane menyebut Los Blancos perlu mencetak gol-gol lagi untuk melepaskan ketegangan dan tekanan.
  • Tendangan Salto Pemain Nomor 10 yang Baru di MU

    Sepakbola | Minggu 19 November 2017, 15:48 WIB Manchester United telah menurunkan pemain nomor 10-nya yang baru. Bukan benar-benar pemain anyar, karena pemakainya adalah "wajah lama": Zlatan Ibrahimovic.
  • Menjamu Feyenoord, City Bisa Bikin Berapa Gol?

    Sepakbola | Selasa 21 November 2017, 11:24 WIB Berkaca pada pertemuan pertama dengan Feyenoord, Manchester City bisa saja kembali berpesta gol malam nanti di matchday kelima Liga Champions. Berapa gol?
  • Contohlah Jerman dan Belgia, Italia!

    Sepakbola | Selasa 21 November 2017, 08:10 WIB Andrea Barzagli menyebut timnas Italia mustahil akan bangkit dari keterpurukan dalam waktu singkat. Barzagli mendesak Gli Azzurri meniru Jerman dan Belgia.
  • 'Guardiola akan Antar City Sesukses Barcelona'

    Sepakbola | Selasa 21 November 2017, 07:46 WIB Manchester City sedang tampil impresif di bawah asuhan Josep Guardiola. Manajer 46 tahun itu diyakini akan membawa The Citizens sesukses Barcelona.
  • Sevilla Tak Cuma Fokus pada Salah

    Sepakbola | Selasa 21 November 2017, 07:23 WIB Sevilla akan menjamu Liverpool di matchday V Liga Champions. Los Rojiblancos tak akan cuma fokus pada Mohamed Salah agar bisa memetik kemenangan.
  • Griezmann Tak Menyesal Bertahan di Atletico

    Sepakbola | Selasa 21 November 2017, 06:21 WIB Antoine Griezmann tak menyesali keputusannya bertahan di Atletico Madrid kendati melalui musim yang sulit. Dia juga tak akan angkat kaki pada bulan Januari.
  • Jelang Liga Champions

    Spurs Mencari Obat Kecewa di Markas Dortmund

    Sepakbola | Selasa 21 November 2017, 06:20 WIB Kekalahan dari Arsenal di Derby London Utara masih menyisakan kekecewaan untuk Tottenham Hotspur. Spurs bertekad menebusnya saat menghadapi Borussia Dortmund.
  • Jelang Liga Champions

    Napoli Mencoba Lolos dari Lubang Jarum

    Sepakbola | Selasa 21 November 2017, 05:08 WIB Peluang Napoli untuk lolos ke babak 16 besar Liga Champions sudah sangat tipis. Akan tetapi, Napoli mencoba menjaga peluang yang tipis tersebut agar tak musnah.
  • Mangala Tahu Diri di City

    Sepakbola | Selasa 21 November 2017, 04:03 WIB Cedera yang dialami John Stones membuka peluang bagi Eliaquim Mangala untuk main lebih sering di Manchester City. Akan tetapi, Mangala juga tahu diri.
  • Ronaldo-Benzema Tetap Berbahaya

    Sepakbola | Selasa 21 November 2017, 03:35 WIB Dua pemain depan Real Madrid, Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema, sedang dalam periode buruk. Kendati demikian, keduanya dinilai tetap berbahaya.
  • Salah Sudah Penuhi Ekspektasi Klopp

    Sepakbola | Selasa 21 November 2017, 03:36 WIB Mohamed Salah langsung tokcer meski berstatus pemain baru Liverpool. Manajer Liverpool Juergen Klopp mengaku memang itulah yang ia harapkan dari Salah.
  • City Tanpa Stones sampai Tahun Baru

    Sepakbola | Selasa 21 November 2017, 02:59 WIB Manchester City akan melewati akhir tahun yang berat tanpa John Stones. Stones mungkin baru pulih dari cedera hamstring setelah pergantian tahun.
  • Jelang Liga Champions

    Sevilla Siap Bikin Liverpool Menderita

    Sepakbola | Selasa 21 November 2017, 02:58 WIB Sevilla memperingatkan Liverpool jelang duel di Liga Champions. Sevilla memastikan diri tak akan jadi lawan mudah untuk Liverpool.
  • Jelang Atletico vs Roma

    Lazio Sudah, Roma Kini Bidik Atletico

    Sepakbola | Selasa 21 November 2017, 02:09 WIB AS Roma tak puas dengan kemenangan atas Lazio di Serie A. Demi menjaga konsistensi, Roma selanjutnya menargetkan angka penuh saat melawan Atletico Madrid.