DetikSepakbola
Kamis 14 September 2017, 03:59 WIB

Liga Champions Grup H

Ronaldo Dua Gol, Madrid Tekuk APOEL 3-0

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Ronaldo Dua Gol, Madrid Tekuk APOEL 3-0 Real Madrid menang 3-0 atas APOEL di Liga Champions (Foto: Sergio Perez/Reuters)
Madrid - Real Madrid mengawali fase grup Liga Champions musim ini dengan kemenangan 3-0 atas APOEL. Cristiano Ronaldo menjadi bintang dengan mencetak dua gol.

Dalam pertandingan di Santiago Bernabeu, Kamis (14/9/2017) dini hari WIB, Madrid kembali diperkuat oleh Ronaldo sejak menit pertama. Pemain asal Portugal itu bisa tampil di Liga Champions meski sedang dihukum di La Liga.





Ronaldo kemudian membuka keunggulan Madrid di menit ke-12. Skor 1-0 untuk Madrid bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Ronaldo kembali mencetak gol untuk menambah keunggulan Madrid. Kemenangan Madrid kemudian dimantapkan oleh Sergio Ramos.

Dengan hasil ini, Madrid memimpin Grup H dengan tiga poin. Los Blancos unggul selisih gol atas Tottenham Hotspur yang di saat bersamaan menang 3-1 atas Borussia Dortmund.

[Gambas:Sportradar]

Jalannya Pertandingan

Tampil di Santiago Bernabeu tak membuat APOEL keder. Tim asal Siprus itu berani menyerang dan sempat menebar ancaman ke gawang Madrid di menit ke-10. Roberto Lago melepaskan tembakan dari luar kotak penalti tapi bisa dihalau oleh Keylor Navas.

Meski demikian, justru Madrid yang membuka keunggulan lebih dulu dua menit kemudian. Madrid melakukan serangan balik saat tak banyak pemain APOEL yang sudah kembali ke area permainan sendiri.

Serangan Madrid dimotori oleh Isco yang melakukan penetrasi hingga ke daerah pertahanan APOEL. Isco kemudian mengirim bola melebar kepada Gareth Bale yang ada di sisi kiri. Bale melepaskan umpan ke arah tiang jauh yang langsung dituntaskan oleh Cristiano Ronaldo.

Ronaldo nyaris kembali menjebol gawang APOEL usai memanfaatkan umpan Bale dari sisi kiri. Tapi kali ini sundulan Ronaldo hanya mengenai sisi luar jaring gawang.

Di menit ke-34, skema serangan yang hampir sama nyaris membuahkan gol kedua untuk Madrid. Bale dari sisi kiri melepaskan umpan ke arah tiang jauh dan disambut sepakan Ronaldo. Namun bola tendangan Ronaldo masih sedikit melenceng dari gawang.

Di sisa waktu babak pertama, Madrid relatif mendominasi. Tapi tidak ada gol tambahan yang tercipta sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, Madrid langsung tancap gas. Ronaldo nyaris menjebol gawang APOEL lewat sebuah tendangan voli meneruskan umpan dari Dani Carvajal. Tapi bola tendangan Ronaldo hanya mengenai mistar gawang.

Ronaldo sempat melakukan protes karena menilai bola sudah melewati garis gawang. Namun teknologi garis gawang menunjukkan bahwa bola belum sepenuhnya melewati garis gawang.

Madrid mendapat hadiah penalti di menit ke-51 menyusul handball yang dilakukan Lago. Ronaldo yang maju sebagai eksekutor sukses menaklukkan kiper APOEL untuk menggandakan keunggulan Madrid.

Selisih 10 menit, Madrid makin jauh meninggalkan APOEL. Bola umpan dari Marcelo dibelokkan oleh Bale dengan sundulan. Bola kemudian disambar Ramos dengan tendangan akrobatik.

Ronaldo mendapat peluang bagus di menit ke-68. Tapi tendangannya masih bisa diantisipasi oleh Waterman. Sementara itu, tendangan Isco menyamping tipis dari gawang.

Ronaldo sempat mencetak gol di menit ke-85 setelah menutnaskan bola dari Luka Modric. Tapi wasit menganulirnya karena menilai Ronaldo sudah lebih dulu ada dalam posisi offside.

Gol Madrid di masa injury time kembali tidak disahkan oleh wasit. Ronaldo melepaskan umpan dari sisi kiri yang dituntaskan oleh Borja Mayoral dari jarak dekat. Tapi Ronaldo lagi-lagi sudah terjebak offside.

Susunan Pemain

Real Madrid: Navas; Carvajal, Nacho, Ramos, Marcelo; Modric, Casemiro, Kovacic (Kroos 25'); Isco (Ceballos 73'), Ronaldo, Bale (Mayoral 83')

APOEL: Waterman; Vouros, Rueda, Carlao, Lago; Sallai (Farias 60'), Morais, Vinicius, Aloneftis; De Camargo (Pote 84'), Ebecilio (Zahid 73')


(nds/raw)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Performa Milan Bikin Montella Kecewa

    Sepakbola | Minggu 24 September 2017, 22:38 WIB AC Milan menelan kekalahan keduanya di liga musim ini saat tandang ke markas Sampdoria. Pelatih Vincenzo Montella mengaku tidak senang dengan performa timnya.
  • Barcelona Masih Sempurna

    Sepakbola | Minggu 24 September 2017, 13:01 WIB Barcelona melanjutkan laju sempurnanya di Liga Spanyol. Kemenangan 3-0 atas Girona, yang dipetik dengan cukup susah payah, membawa Blaugrana kukuh di puncak.
  • Chelsea Menang Banyak Lewat Transfer-Transfer Ini

    Sepakbola | Sabtu 23 September 2017, 12:19 WIB Chelsea melepas Diego Costa ke Atletico Madrid lebih mahal dibanding ketika merekrutnya dulu. Ini transfer-transfer lain yang juga bikin Chelsea menang banyak.
  • 20detik

    Highlights City Berondong Palace 5-0

    Sepakbola | Minggu 24 September 2017, 12:11 WIB Dalam pertandingan di Etihad Stadium, City memetik kemenangan dengan skor akhir 5-0 atas Crystal Palace. Ini merupakan tiga kali beruntun mereka menang besar.
  • Dybala Terus Menggila

    Sepakbola | Minggu 24 September 2017, 11:03 WIB Dua gol diciptakan Paulo Dybala kala Juventus memenangi derby kontra Torino dengan telak. Penyerang muda Argentina itu melanjutan strat impresifnya.
  • Debut Impian Dani Ceballos

    Sepakbola | Minggu 24 September 2017, 09:28 WIB Dani Ceballos menandai laga debutnya sebagai starter di La Liga bersama Real Madrid dengan apik. Dia memenangkan Madrid di kandang Deportivo Alaves 2-1.
  • 'MU Memang Tak Selalu Peragakan Permainan Ciamik'

    Sepakbola | Minggu 24 September 2017, 09:17 WIB Manchester United tak bermain impresif meski memetik kemenangan atas Southampton. The Red Devils diakui tak akan bisa terus memperagakan permainan apik.
  • Manchester City Berpesta Gol Lagi

    Sepakbola | Minggu 24 September 2017, 08:28 WIB Manchester City berpesta gol lagi di lanjutan Premier League. Kali ini, giliran Crystal Palace yang gawangnya berulang kali dibobol The Citizens.
  • Trigol Morata Benamkan Stoke

    Sepakbola | Minggu 24 September 2017, 09:01 WIB Alvaro Morata pamer ketajaman untuk membantu Chelsea memenangi laga tandang di Stoke City 4-0. Striker Spanyol itu mencetak hat-trick.
  • Tak Ada Keraguan dalam Diri Madrid

    Sepakbola | Minggu 24 September 2017, 08:20 WIB Real Madrid melalui awal musim yang kurang mulus dan cuma bisa menang tipis atas Deportivo Alaves. Meski demikian, Los Blancos tak pernah meragukan diri mereka.
  • Suarez Tandai Penampilan ke-100 dengan Gaya

    Sepakbola | Minggu 24 September 2017, 07:06 WIB Bomber Barcelona Luis Suarez merayakan penampilan ke-100 di La Liga. Suarez berhasil mencetak gol yang memenangkan Barca di markas Girona 3-0.
  • Pembuktian Kualitas Tinggi Coutinho

    Sepakbola | Minggu 24 September 2017, 06:04 WIB Philippe Coutinho bermain impresif saat Liverpool menaklukkan Leicester City. Laga itu bisa dibilang menjadi ajang pembuktian diri pemain asal Brasil itu.
  • Ini Alasan Allegri Cadangkan Higuain

    Sepakbola | Minggu 24 September 2017, 06:17 WIB Gonzalo Higuain hanya jadi pemain cadangan saat Juventus mengalahkan Torino 4-0 di Derby Turin. Pelatih Massimiliano Allegri punya penjelasan terkait hal ini.
  • Mourinho Mainkan Lima Bek Demi Amankan Poin Penuh

    Sepakbola | Minggu 24 September 2017, 05:34 WIB Manchester United tak bermain dominan seperti biasanya saat melawan Southampton. Manajer Setan Merah, Jose Mourinho, mengaku bermain bertahan demi poin penuh.
  • Dybala Dua Gol, Juventus Gasak Torino 4-0

    Sepakbola | Minggu 24 September 2017, 04:05 WIB Juventus keluar sebagai pemenang pada laga Derby della Mole. Bianconeri menggasak rival sekotanya, Torino, dengan skor meyakinkan 4-0.
  • Bukan Periode yang Bagus untuk Madrid

    Sepakbola | Minggu 24 September 2017, 04:04 WIB Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane mengakui, saat ini timnya sedang tidak dalam periode yang bagus. Menyusul kemenangan tipis 2-1 di markas Deportivo Alaves.