DetikSepakbola
Kamis 23 November 2017, 04:44 WIB

Liga Champions Grup C

Kalahkan Roma, Atletico Buka Peluang Lolos

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Kalahkan Roma, Atletico Buka Peluang Lolos Gol tendangan salto Antoine Griezmann membantu Atletico Madrid mengalahkan AS Roma (Foto: Sergio Perez/Reuters)
Madrid - Atletico Madrid menghidupkan asa untuk lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Atletico menang 2-0 atas AS Roma berkat gol Antoine Griezmann dan Kevin Gameiro.

Laga matchday 5 di Wanda Metropolitano, Kamis (23/11/2017) dini hari WIB, amat krusial untuk Atletico. Mereka wajib menang jika ingin membuka peluang lolos. Sementara Roma hanya butuh hasil seri untuk melangkah ke babak 16 besar.

Meski penguasaan bola relatif berimbang, tapi Atletico tampil lebih agresif. Sementara itu, Roma kesulitan untuk menciptakan peluang.

Setelah bermain imbang 0-0 di babak pertama, Atletico membuka keunggulan di menit ke-69 lewat sebuah tendangan salto dari Griezmann. Kian percaya diri, Atletico kemudian menggandakan keunggulan lewat sepakan Gameiro di menit ke-85.

Roma sendiri harus mengakhiri laga dengan 10 pemain. Bruno Peres mendapat kartu merah usai menerima kartu kuning kedua karena melanggar Filipe Luis di menit ke-83.

Berkat kemenangan ini, Atletico kini mengumpulkan enam poin dan masih menempati peringkat ketiga klasemen Grup C. Sementara itu, Roma ada di posisi kedua dengan delapan poin.

Kemenangan ini juga membuka peluang lolos untuk Atletico. Syaratnya, Atletico harus menang atas Chelsea di laga terakhir dan di saat bersamaan Roma kalah dari Qarabag. Sementara itu, Roma akan lolos jika menang atas Qarabag atau Atletico gagal mengalahkan Chelsea untuk menyegel satu tempat di babak 16 besar. Satu tiket ke babak 16 besar dari Grup C sudah direbut oleh Chelsea.

[Gambas:Sportradar]

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berjalan cukup terbuka sejak menit-menit awal. Kedua tim bermain dalam tempo cepat.

Atletico yang butuh kemenangan mencoba untuk terus menekan. Koke memaksa Alisson melakukan penyelamatan pertama di laga ini di menit ke-22. Menyambut umpan Filipe Luis, Koke menyundul bola. Tapi tandukannya terlalu lemah dan bola bisa diamankan Alisson.

Peluang bagus didapat Atletico dua menit kemudian. Yannick Carrasco menebar ancaman dengan melepaskan umpan ke depan gawang Roma. Sial bagi Atletico, baik Koke maupun Antoine Griezmann tak mampu menjangkaunya.

Meski tak kalah dalam penguasaan bola, Roma tak benar-benar mengancam di sepertiga akhir lapangan. Di sisi lain, Atletico terus melanjutkan tekanannya.

Augusto Fernandez sempat menjebol gawang Roma di menit ke-41 setelah tendangannya dari luar kotak penalti berbelok dan tak mampu dijangkau Alisson. Tapi wasit menganulir gol tersebut karena Augusto Fernandez melakukan handball.

Atletico melanjutkan tekanannya di babak kedua. Carrasco mendapat peluang bagus setelah menerima bola di sisi kanan dan masuk ke kotak penalti Roma. Carrasco mendapat ruang tembak usai melewati dua bek Roma. Tapi tembakannya diblok oleh Manolas.

Untuk menambah daya gedor, Atletico menarik keluar Augusto Fernandez dan memasukkan Angel Correa. Atletico melanjutkan tekanannya, tapi tendangan Carrasco masih bisa diblok dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Radja Nainggolan nyaris mencetak gol di menit ke-64. Melihat Jan Oblak ada di tiang jauh, Nainggolan yang ada di sisi kanan langsung melepaskan tembakan ke arah gawang. Sial bagi Nainggolan, tendangannya masih membentur tiang gawang.

Tekanan yang dilancarkan Atletico akhirnya membuahkan hasil di menit ke-69. Correa dari sudut sempit melepaskan umpan tarik yang dituntaskan Griezmann dengan sebuah tendangan salto.

Gol tersebut membuat Atletico kian percaya diri. Sementara itu, Roma harus mengakhiri laga dengan 10 orang menyusul kartu merah untuk Bruno Peres di menit ke-83. Bek Roma itu mendapat kartu kuning kedua usai melanggar Filipe Luis.

Atletico kemudian menggandakan keunggulan di menit ke-85. Kali ini giliran Gameiro yang mencatatkan namanya di papan skor dengan melepaskan tembakan dari sudut sempit.

Sampai pertandingan usai, skor 2-0 untuk Atletico tetap bertahan.

Susunan Pemain

Atletico: Oblak; Thomas, Gimenez, Lucas, Filipe Luis; Saul, Augusto (Correa 58'), Koke (Gabi 63'), Carrasco (Gameiro 67'); Torres, Griezmann

Roma: Alisson; Bruno Peres, Manolas, Fazio, Kolarov; Pellegrini (Strootman 62'), Gonalons (El Shaarawy 78'), Nainggolan; Gerson (Defrel 70'), Dzeko, Perotti


(nds/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed