DetikSepakbola
Jumat 24 November 2017, 03:08 WIB

Liga Europa

Arsenal Tumbang di Kandang Cologne

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Arsenal Tumbang di Kandang Cologne Arsenal menyerah 0-1 di tangan Cologne (Thilo Schmuelgen/Reuters)
Cologne - Arsenal pulang dengan tangan hampa dari lawatannya ke kandang Cologne di Liga Europa. The Gunners dikalahkan tim tuan rumah dengan skor 0-1.

Seperti biasanya, Arsenal selalu memainkan tim pelapis di arena Liga Europa. Apalagi, mereka sudah dipastikan lolos ke babak 32 besar di matchday sebelumnya.

Tampil mendominasi di RheinEnergieStadion, Cologne, Jumat (24/11/2017) dinihari WIB, Arsenal mendapatkan beberapa peluang bagus untuk mencetak gol. Akan tetapi, tak satu pun peluang itu yang bisa dimaksimalkan.

Sebaliknya, Cologne yang lebih banyak bertahan justru berhasil menjebol gawang Arsenal. Penalti Sehrou Guirassy pada menit ke-62 menjadi penentu kemenangan tim tuan rumah.

Dengan hasil ini, Arsenal masih memimpin klasemen Grup H dengan 10 poin dari lima laga. Mereka dipastikan menjadi juara grup setelah pada pertandingan lainnya Red Star Belgrade bermain imbang 0-0 dengan BATE Borisov. Cologne duduk di peringkat kedua dengan enam poin, sama dengan Red Star yang ada di posisi ketiga.

Jalannya Pertandingan

Cologne lebih dulu mendapatkan kesempatan lewat aksi Jhon Cordoba pada menit keenam. Cordoba menusuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan, tapi usahanya dimentahkan oleh kiper David Ospina.

Arsenal berpeluang unggul pada menit ke-13. Francis Coquelin yang menguasai bola di luar kotak penalti melepaskan tembakan keras. Tapi, arah bola masih sedikit melenceng dari gawang Cologne.

Coquelin nyaris membawa Arsenal memimpin di menit ke-30. Gelandang asal Prancis itu masuk ke kotak penalti untuk menjemput umpan Olivier Giroud, kemudian melepaskan tembakan keras. Sial buat dia, tembakannya cuma menghantam tiang gawang.

Berselang tiga menit, Danny Welbeck mencoba peruntungannya lewat tembakan keras ke tiang jauh. Namun, arah bola masih sedikit melenceng dari sasaran.

Di menit-menit akhir babak pertama, percobaan yang dilakukan oleh Mohamed Elneny juga tak menghasilkan gol untuk Arsenal. Tembakan jarak jauh Elneny masih sedikit melambung.

Tak ada gol yang tercipta hingga berakhirnya babak pertama. Skor masih 0-0 saat turun minum.

Cologne mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-62 setelah Guirassy dijatuhkan oleh Mathieu Debuchy. Guirassy sendiri yang maju sebagai algojo dan sukses mengelabui Ospina. Tembakannya ke arah tengah membawa Cologne unggul 1-0.

Giroud punya kans untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-77. Dia langsung berhadapan dengan kiper Timo Horn setelah mendapatkan umpan dari Jack Wilshere. Namun, sebelum Giroud sempat menembak, bola lebih dulu dibuang oleh pemain belakang Jannes Horn.

Peluang terbaik Arsenal untuk menyamakan skor datang pada menit ke-89. Pemain muda Reiss Nelson melakukan aksi individu ketika melakukan penetrasi ke kotak penalti, tapi penyelesaiannya dimentahkan oleh Timo Horn.

Susunan Pemain
Cologne: Horn, Mere, Maroh (Rausch 38'), Sorensen, Jojic, Ozcan, Klunter, Horn, Cordoba (Olkowski 56'), Osako (Lehmann 73'), Guirassy

Arsenal: Ospina, Mertesacker, Chambers (Nelson 67'), Holding, Debuchy (Nketiah 84'), Coquelin, Elneny, Maitland-Niles, Giroud, Welbeck (Iwobi 46'), Wilshere



(mfi/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed