DetikSepakbola
Rabu 14 Februari 2018, 04:45 WIB

Liga Champions

Buang Keunggulan Dua Gol, Juventus Diimbangi Spurs

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Buang Keunggulan Dua Gol, Juventus Diimbangi Spurs Foto: Max Rossi/ REUTERS
FOKUS BERITA: Juventus vs Tottenham
Turin - Juventus membuang keunggulan dua gol saat menjamu Tottenham Hotspur di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Kedua tim bermain imbang 2-2.

Dalam pertandingan di Allianz Stadium, Rabu (14/2/2018) dinihari WIB, Juventus memulai dengan amat baik. Gonzalo Higuain sudah membawa mereka unggul di menit kedua.

Higuain menggandakannya pada menit ke-9 lewat titik penalti. Tapi kemudian Spurs balik menekan dan menguasai pertandingan.

[Gambas:Video 20detik]


Harry Kane lantas mencetak gol balasan di menit ke-35. Juventus nyaris menjauh lagi setelah mendapatkan penalti di ujung babak pertama, namun Higuain gagal menceploskannya.

Spurs melanjutkan tekanannya di babak kedua, lalu menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas Christian Eriksen pada menit ke-71. Skor 2-2 bertahan sampai laga berakhir.

Hasil ini jadi kerugian besar untuk Juventus, mengingat leg kedua akan digelar di markas Spurs. Sebaliknya bagi Spurs, hasil imbang 0-0 atau 1-1 sudah cukup untuk meloloskan mereka dengan keunggulan gol tandang.

Jalannya Pertandingan

Baru dua menit laga berjalan, Juventus sudah unggul. Dari tendangan bebas, umpan Miralem Pjanic mengarah ke Gonzalo Higuain yang lolos dari pengawalan pemain Spurs. Higuain melepaskan tembakan first-time dan bersarang di pojok kiri bawah gawang.

Pada menit ke-8, Spurs dihukum penalti setelah Ben Davies melanggar Federico Bernardeschi. Higuain maju sebagai eksekutor dan mengarahkan tendangan ke pojok kiri.

Di menit ke-17, Kane terjatuh saat menerima bola di dalam kotak penalti di bawah tekanan Medhi Benatia. Spurs meminta penalti, tapi wasit tak melihatnya sebagai sebuah pelanggaran.

Spurs mulai lebih menguasai bola selepas tertinggal dua gol. Peluang bagus dicatatkan di menit ke-26, saat Christian Eriksen melepaskan umpan terobosan lambung ke Kane di dalam kotak penalti. Menghadapi Gianluigi Buffon dalam jarak dekat, sundulan Kane tertepis.

Spurs kembali mendapatkan peluang tiga menit berselang, kali ini dari tendangan bebas. Mulanya eksekusi Eriksen membentur pagar pemain, tapi bola pantul kembali kepadanya. Eriksen menembak kembali, kali ini melenceng ke kanan gawang.

Juventus merespons lewat serangan balik. Higuain menerima sodoran Pjanic di dalam kotak penalti dan mengarahkan sepakan mendatar menyasar pojok kiri gawang. Terlalu melebar.

Spurs terus melancarkan tekanan. Pada menit ke-32, Kane mendapatkan bola di sisi kiri di dalam kotak penalti dan menendang sembari memutar tubuhnya. Bola bergulir tak terlalu kencang lalu ditepis Buffon ke luar lapangan.

Usaha Spurs membuahkan hasil di menit ke-35. Mereka memenangi bola di area tengah, bola dikuasai Alli lantas diteruskan ke Kane yang tak terkawal. Buffon mencoba maju untuk mengadang Kane, tapi penyerang Spurs itu dengan sigap melewatinya dan menceploskan bola ke dalam gawang.

Spurs melanjutkan tekanannya. Lima menit berselang, sepakan keras Eriksen mengarah ke gawang tapi bisa ditepis oleh Buffon.

Di menit ke-42, umpan terukur Eriksen mengarah ke Alli di depan gawang. Hanya saja sundulan Alli melambung tipis.

Pada masa injury time babak pertama, Juventus kembali mendapatkan penalti usai Serge Aurier menjatuhkan Costa. Higuain maju sebagai penendang, tapi kali ini gagal setelah sepakannya menghantam mistar gawang.

Juventus menebar ancaman di menit ke-57. Bernardeschi melepaskan sepakan dari sisi kanan, Lloris sigap menghalau ke luar lapangan. Dari sepak pojok yang dihasilkan, umpan lambung Pjanic ditanduk Mandzukic di depan gawang. Masih tepat ke arah Lloris.

Spurs balas mengancam di menit ke-70. Kane merangsek dari kiri dan mengarahkan tembakan mendatar ke arah pojok kiri gawang. Buffon masih mampu mengantisipasi.

Spurs sukses menyamakan kedudukan dua menit berselang. Mendapatkan tendangan bebas di depan kotak penalti, Eriksen bertindak sebagai eksekutornya. Dia melepaskan tendangan mendatar ke pojok kiri bawah gawang dan tak kuasa dihentikan Buffon.

Sebuah kesalahan bisa saja berbuah fatal untuk Spurs. Umpan yang ceroboh di lapangan tengah diserobot Rodrigo Bentancur dan diteruskan ke Higuain. Bola disodorkan lagi di Bernardeschi di kanan yang melakukan percobaan. Bola membentur bek Spurs lalu diamankan Lloris yang nyaris terkecoh.

Juventus mencoba meningatkan intensitas serangan, sementara Spurs cenderung menurunkan tempo. Di menit ke-85, Juventus mendapatkan kesempatan dari sepak pojok. Hanya saja tandukan Benatia menyambut umpan Pjanic melambung.

Dua menit kemudian, Costa melalukan tusukan di sisi kiri melewati tiga pemain. Namun umpan silangnya bisa dipotong oleh Jan Vertonghen.

Sampai pertandingan usai, tak ada lagi gol tercipta. Skor akhir imbang 2-2.

Susunan pemain:

Juventus: Gianluigi Buffon; Mattia De Sciglio, Medhi Benatia, Giorgio Chiellini, Alex Sandro; Sami Khedira (Bentancur 66'), Miralem Pjanic; Federico Bernardeschi, Mario Mandzukic (Sturaro 76'), Douglas Costa (Asamoah 92'); Gonzalo Higuain

Spurs: Hugo Lloris; Serge Aurier, Jan Vertonghen, Davinson Sanchez, Ben Davies; Mousa Dembele, Eric Dier; Erik Lamela (Moura 89'), Dele Alli (Son 83'), Christian Eriksen (Wanyama 92'); Harry Kane
(raw/rin)
FOKUS BERITA: Juventus vs Tottenham
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Gattuso Puji Pertahanan Milan

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 08:43 WIB AC Milan kembali tampil solid untuk mengalahkan Ludogorets 1-0. Pelatih Milan Gennaro Gattuso menyebut pertahanan timnya kini jauh lebih baik.
  • Wenger: Arsenal Berpuas Diri dan Tidak Fokus

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 08:20 WIB Manajer Arsenal Arsene Wenger menyebut timnya berada dalam masalah di babak pertama laga melawan Ostersunds. Alasannya, The Gunners berpuas diri dan tak fokus.
  • Stoeger: Dortmund Beruntung

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 08:03 WIB Borussia Dortmund susah payah mengimbangi Atalanta di leg kedua babak 32 besar Liga Europa. Pelatih Dortmund Peter Stoeger menilai timnya beruntung bisa lolos.
  • Penyelamatan De Gea dalam Parodi Gambar

    Sepakbola | Kamis 22 Februari 2018, 13:14 WIB Penyelamatan-penyelamatan David De Gea saat Manchester United melawan Sevilla juga muncul dalam parodi gambar. Berikut adalah deretannya.
  • Immobile Lewati Catatan Gol Inzaghi di Lazio

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 06:00 WIB Ciro Immobile mencetak hat-trick dalam kemenangan telak Lazio atas Steaua Bucharest. Immobile pun melewati catatan gol pelatihnya, Simone Inzaghi, di Lazio.
  • Batshuayi Jadi Korban Pelecehan Rasial

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 07:27 WIB Michy Batshuayi merasa menjadi korban pelecehan rasial oleh tifosi Atalanta. Striker Borussia Dortmund itu heran kejadian seperti ini masih saja terjadi.
  • Untung Ada De Gea

    Sepakbola | Kamis 22 Februari 2018, 10:59 WIB Manchester United pulang dengan hasil imbang dari lawatan ke Sevilla. The Red Devils diselamatkan David de Gea yang membuat banyak penyelamatan gemilang.
  • Gol Borini Tambah Kepercayaan Diri Milan

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 07:23 WIB Fabio Borini memenangkan AC Milan atas Ludogorets, yang memastikan kelolosan ke babak 16 besar Liga Europa. Gol Borini itu meningkatkan kepercayaan diri Milan.
  • Arsenal Kalah karena Meremehkan Lawan

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 07:05 WIB Arsenal di luar dugaan dikalahkan Ostersunds, meski tak memengaruhi kelolosan ke babak 16 besar Liga Europa. Jack Wilshere mengakui, Arsenal meremehkan lawan.
  • Hasil Liga Europa

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 06:44 WIB Liga Europa telah menuntaskan babak 32 besar. Sebagian besar tim top sukses melewati babak ini dan mendapatkan tempat di babak 16 besar.
  • Liga Europa

    Lazio Ingin Hindari Arsenal dan Atletico

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 05:18 WIB Lazio berhasil melangkah ke babak 16 besar Liga Europa. Pelatih Simone Inzaghi tak mau timnya selanjutnya bertemu Arsenal dan Atletico Madrid.
  • Liga Europa

    Dortmund Singkirkan Atalanta

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 05:15 WIB Borussia Dortmund menyingkirkan Atalanta di babak 32 besar Liga Europa. Die Borussen lolos usai bermain imbang 1-1 dengan Orobici di leg kedua.
  • Sarri Ambil Sisi Positif dari Kegagalan Napoli

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 05:17 WIB Pelatih Napoli Maurizio Sarri sedikit menyesal setelah timnya terhenti di babak 32 besar Liga Europa. Namun, ada sisi positif yang bisa diambil Partenopei.
  • Liga Europa

    Kalah dari Ostersunds, Arsenal Tetap Lolos

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 04:57 WIB Arsenal melaju ke babak 16 besar Liga Europa meski kalah 1-2 dari Ostersunds FK di leg kedua babak 32 besar. The Gunners unggul agregat 4-2.
  • Jangan Lepas Bale, Madrid

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 04:30 WIB Bintang sepakbola Wales Gareth Bale santer dikabarkan menuju pintu keluar Real Madrid. Eks pemain Madrid Alvaro Arbeloa menilai Bale sebaiknya jangan dilepas.
  • Liga Europa

    Gameiro Mantapkan Kelolosan Atletico ke 16 Besar

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 03:55 WIB Atletico Madrid melangkah mantap ke babak 16 besar Liga Europa dengan menyisihkan Copenhagen. Di leg kedua, Atletico menang tipis 1-0 lewat gol Kevin Gameiro.
  • Liga Europa

    Kalahkan Leipzig 2-0, Napoli Tetap Tersingkir

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 03:08 WIB Napoli dipastikan tetap kandas meski berhasil menang 2-0 (agregat 3-3) di kandang RB Leipzig. Napoli tersingkir karena kalah produktivitas gol tandang.
  • Zola Bantah Bakal Jadi Asisten Sarri di Chelsea

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 02:19 WIB Maurizio Sarri masuk dalam bursa manajer baru Chelsea. Legenda Chelsea Gianfranco Zola membantah kabar, yang menyebut dia akan menjadi asisten Sarri di Chelsea.
  • Kritik Mourinho Akan Buat Pogba Lebih Baik

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 01:10 WIB Belum lama ini, gelandang Manchester United Paul Pogba dikritik manajernya sendiri, Jose Mourinho. William Gallas percaya kritik itu ustru akan melecut Pogba.
  • Jelang Piala AFC

    Lawan Tampines, Simic Harapkan Dukungan The Jakmania

    Sepakbola | Kamis 22 Februari 2018, 23:12 WIB Persija Jakarta akan menjamu Tampines Rovers di matchday kedua Grup H Piala AFC 2018. Striker Persija, Marko Simic, berharap dukungan The Jakmania.
  • Piala Dunia 1970 yang 'Penuh Warna'

    Sepakbola | Kamis 22 Februari 2018, 23:00 WIB Tahukah kamu kalau Piala Dunia 1970 merupakan Piala Dunia pertama yang ditayangkan dalam format berwarna di televisi?
  • Barca Sudah, Chelsea Kini Fokus ke MU

    Sepakbola | Kamis 22 Februari 2018, 18:51 WIB Chelsea baru saja tampil bagus saat menghadapi Barcelona di Liga Champions. Selanjutnya, The Blues siap menatap laga sulit lainnya melawan Manchester United.
  • Performa Benzema Tak Membuat Zidane Khawatir

    Sepakbola | Kamis 22 Februari 2018, 19:50 WIB Karim Benzema belum rajin membuat gol untuk Real Madrid. Performa striker asal Prancis itu tak membuat Zinedine Zidane merasa resah.
  • Jelang Arsenal vs Ostersunds

    Tentang Jersey Biru Arsenal untuk Menjamu Ostersunds

    Sepakbola | Kamis 22 Februari 2018, 17:32 WIB Arsenal akan menjamu Ostersunds FK di leg kedua babak 32 besar Liga Europa. Menariknya, The Gunners harus mengenakan jersey tandang biru di kandang sendiri.
  • Totti: Salah Masih Bisa Naik Level

    Sepakbola | Kamis 22 Februari 2018, 16:33 WIB Sejauh ini Mohamed Salah sudah memperlihatkan level performa oke. Tapi Francesco Totti, legenda AS Roma, yakin pemain asal Mesir itu masih bisa naik level.