DetikSepakbola
Kamis 22 Februari 2018, 05:00 WIB

Liga Champions

Shakhtar Tundukkan Roma 2-1

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Shakhtar Tundukkan Roma 2-1 Shakhtar Donetsk mengalahkan AS Roma dengan skor 2-1 (Gleb Garanich/Reuters)
Kharkiv - Shakhtar Donetsk sempat ketinggalan saat menjamu AS Roma di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Tapi, klub Ukraina itu mampu membalikkan keadaan dan menang tipis 2-1.

Menghadapi Roma di Metalist Stadium, Kharkiv, Kamis (22/2/2018) dinihari WIB, Shakhtar tertinggal di babak pertama. Gol Cengiz Under pada menit ke-41 membawa Roma unggul 1-0 ketika turun minum.

Namun, Shakhtar bangkit setelah jeda. Mereka menyamakan kedudukan lewat gol Facundo Ferreyra pada menit ke-52, kemudian berbalik unggul melalui tendangan bebas Fred pada menit ke-71.

[Gambas:Sportradar]

Kemenangan ini akan menjadi modal Shakhtar menjalani leg kedua yang akan digelar di markas Roma pada 13 Maret mendatang. Roma sendiri hanya butuh menang 1-0 di Olimpico untuk lolos ke perempatfinal.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berlangsung menarik sejak awal. Kedua tim bermain dalam tempo tinggi dan terlibat jual beli serangan.

Roma memiliki kans untuk memimpin di menit keenam. Edin Dzeko menyambar bola sepak pojok Aleksandar Kolarov dari jarak dekat, tapi sontekan Dzeko digagalkan oleh kiper Shakhtar, Andriy Pyatov.

Dzeko punya peluang bagus lainnya pada menit ke-21. Kali ini tembakan mendatarnya mengarah tepat ke tangkapan Pyatov.

Meski Shakhtar banyak menekan, Roma berhasil unggul saat pertandingan memasuki menit ke-41. Gol Under membawa tim tamu memimpin 1-0.

Kejelian Dzeko dalam mengirimkan umpan terobosan membuat Under langsung berhadapan dengan Pyatov. Tembakan Under memang mengenai badan Pyatov, tapi itu tak mencegah bola menembus gawang Shakhtar.

Kedudukan tak berubah hingga selesainya babak pertama. Roma masih memimpin 1-0.

Shakhtar berpeluang mencetak gol balasan pada menit ke-48. Tembakan Ferreyra mengarah ke gawang Roma, tapi bisa diantisipasi oleh kiper Alisson Becker.

Berselang empat menit, Ferreyra benar-benar menggetarkan gawang Roma. Menerima umpan panjang dari Yaroslav Rakitskiy, Ferreyra mengalahkan Kostas Manolas sebelum menceploskan bola melewati adangan Alisson. Skor berubah jadi 1-1.

Pada menit ke-56, Shakhtar nyaris berbalik unggul. Sial buat mereka, tembakan Marlos dari jarak dekat dimentahkan oleh Alisson.

Alisson kembali membuat penyelamatan gemilang di menit ke-63. Kiper asal Brasil itu terbang untuk menepis tembakan keras Taison dengan satu tangan.

Shakhtar berbalik memimpin 2-1 saat laga memasuki menit ke-71 melalui gol Fred. Pelanggaran Kevin Strootman terhadap Marlos berbuah tendangan bebas untuk Shakhtar. Fred yang mengambil tendangan bebas tersebut sukses mengirimkan bola melewati pagar hidup pemain Roma dan memaksa Alisson memungut si kulit bundar dari dalam gawang.

Roma merespons dan berpeluang langsung menyamakan kedudukan. Tapi, tembakan Gerson bisa digagalkan oleh Pyatov.

Peluang yang didapatkan oleh Taras Stepanenko di menit ke-83 tak berbuah gol ketiga untuk Shakhtar. Tembakan voli Stepanenko masih bisa diamankan oleh Alisson.

Shakhtar nyaris memperbesar keunggulannya di injury time. Ferreyra menembak dari jarak dekat, tapi usahanya secara luar biasa digagalkan oleh Bruno Peres.

Susunan Pemain
Shakhtar Donetsk: Pyatov; Butko, Kryvtsov (Ordets 45+3'), Rakitskiy, Ismaily; Fred, Stepanenko; Marlos, Taison, Bernard (Kovalenko 90+2'); Ferreyra

AS Roma: Alisson; Florenzi (Peres 71'), Manolas, Fazio, Kolarov; De Rossi, Strootman; Cengiz Under (Gerson 72'), Nainggolan (Defrel 83'), Perotti; Dzeko



(mfi/rin)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed