DetikSepakbola
Rabu 11 April 2018, 09:40 WIB

Penebusan De Rossi dan Manolas

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Penebusan De Rossi dan Manolas Daniele De Rossi merayakan kemenangan AS Roma atas Barcelona di Liga Champions (Foto: Alberto Lingria/Reuters)
Roma - Daniele De Rossi dan Kostas Manolas membuat gol bunuh diri ketika AS Roma kalah 1-4 di Camp Nou. Namun, mereka menebus kesalahan tersebut dengan cara istimewa.

Dua dari empat gol Barcelona yang bersarang di gawang Roma pada laga leg pertama perempatfinal Liga Champions adalah hasil bunuh diri De Rossi dan Manolas. Dua sisanya dicetak oleh Gerard Pique dan Luis Suarez. Sementara itu, Roma cuma bisa membalas sekali melalui Edin Dzeko.

Ketika Roma gantian menjamu Barca di Olimpico, Rabu (11/4/2018) dinihari WIB, De Rossi dan Manolas membayar lunas kesalahan mereka. Dua pemain itu berperan besar membantu Roma menang 3-0 untuk membalikkan keadaan.


De Rossi menyumbangkan assist untuk gol pertama Roma yang dicetak oleh Dzeko. Kapten Roma itu kemudian menjadi algojo ketika Roma mendapatkan hadiah penalti di babak kedua. Eksekusinya berhasil dan membawa timnya memimpin 2-0.

Sementara itu, Manolas menjadi penentu kelolosan Roma lewat golnya di menit-menit akhir. Sundulan bek asal Yunani itu merobek gawang Barca yang dikawal oleh Marc-Andre ter Stegen.

Kemenangan 3-0 ini meloloskan Roma ke semifinal. Meski agregat sama kuat 4-4, Giallorossi berhak lolos berkat aturan gol tandang.

"Saya menyadari gol bunuh diri itu dibicarakan orang-orang, tapi saya lebih memilih untuk bermain dengan keberanian dan menempatkan diri saya di sana dengan risiko membuat gol bunuh diri daripada cuma bermain aman. Saya harus bertarung dan memberikan segalanya untuk para pemain ini," ujar De Rossi seusai laga di Olimpico.

"Tentunya ini merupakan salah satu hari paling membahagiakan dalam karier saya di Roma. Saya terharu melihat fans sebelum pertandingan dan saya bilang ke rekan-rekan setim, 'jika mereka yakin, kita tidak boleh tidak melakukan hal yang sama'. Hal terburuk yang bisa terjadi adalah tidak lolos, itu yang terburuk, tapi yang terbaik ..." katanya kepada Mediaset Premium.




(mfi/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed