DetikSepakbola
Senin 23 April 2018, 16:36 WIB

Jelang Liverpool Vs Roma

Klopp dan Rekor Buruknya Melawan Tim-Tim Italia

Redzi Arya Pratama - detikSport
Klopp dan Rekor Buruknya Melawan Tim-Tim Italia Juergen Klopp punya rekor buruk menghadapi tim-tim Italia (Jason Cairnduff/Action Images via Reuters)
Jakarta - Liverpool patut mewaspadai satu hal saat menghadapi AS Roma di semifinal Liga Champions, yakni terkait rekor buruk sang manajer di depan klub-klub Italia.

Ya, Juergen Klopp memang tak begitu sering menghadapi tim-tim Italia dalam karier kepelatihannya. Menurut catatan Transfermarkt, Klopp baru enam kali menghadapi tim-tim Italia sepanjang karier kepelatihannya.

Ternyata filosofi atraktif Klopp selama di Borussia Dortmund bukanlah masalah besar bagi tim-tim Italia yang dikenal punya pertahanan kuat. Dari enam pertemuannya, Klopp baru sekali mengalahkan tim Italia.


Cerita awal pertemuan Klopp dengan tim-tim Italia terjadi di Piala UEFA/Liga Europa 2008. Saat itu Dortmund harus menghadapi Udinese di kualifikasi babak pertama dan takluk 3-4 dan 0-2 dari Udinese.

Kemudian tim Italia kedua yang dihadapi Klopp bersama Dortmund adalah Napoli di fase grup Liga Champions 2013/2014. Dortmund menang 3-1 di kandang sebelum kalah 1-2 di markas Napoli.

Terakhir kali Klopp melawan klub Italia adalah Juventus di babak 16 besar Liga Champions 2014/2015. Klopp dan Dortmund menyerah di dua leg usai kalah 0-3 dan 1-2.

Fakta di atas membuat Liverpool harus benar-benar waspada melawan Roma. Apalagi di Liverpool Klopp acap bermasalah juga ketika menghadapi tim-tim yang kerap menumpuk banyak pemain di lini pertahanan.


Tengok saja hasil buruk saat menghadapi tiga kali menghadapi West Bromwich Albion musim ini (dua seri, satu kalah) serta kekalahan dari Swansea City Januari lalu.

Bagaimana dengan Roma? Tunggu saja hasil leg pertama di Anfield, Rabu (25/4/2018) dinihari WIB besok.



(mrp/rin)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed