DetikSepakbola
Kamis 04 Oktober 2018, 04:02 WIB

Hasil Liga Champions: Enam Gol Tercipta, Barcelona Kandaskan Tottenham 4-2

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Hasil Liga Champions: Enam Gol Tercipta, Barcelona Kandaskan Tottenham 4-2 Barcelona kandaskan Tottenham 4-2. (Foto: Julian Finney/Getty Images)
FOKUS BERITA: Tottenham vs Barcelona
London - Barcelona memenangi laga ketat di markas Tottenham Hotspur pada matchday 2 Liga Champions. Enam gol tercipta saat Blaugrana menaklukkan Tottenham 4-2.

Bertandang ke Wembley, Kamis (4/10/2018) dinihari WIB, Barcelona sudah unggul di menit kedua melalui Philippe Coutinho. Gol spektakuler Ivan Rakitic pada menit ke-28 menggandakan keunggulan tim tamu di babak pertama.

Tottenham memberikan perlawanan di paruh kedua. Harry Kane menipiskan selisih di menit ke-52, tapi dibalas lagi oleh Barcelona lewat Lionel Messi empat menit berselang.

Tuan rumah menjaga lagi peluang saat Erik Lamela mengubah skor jadi 2-3 di menit ke-66. Namun Messi pada akhirnya mengunci kemenangan Barcelona di menit ke-90, memanfaatkan kesalahan Tottenham.

Dengan kemenangan ini, Barcelona masih sempurna di dua laga Liga Champions. Los Cules memimpin Grup B dengan enam poin, unggul selisih gol atas Inter Milan yang punya nilai sama. PSV Eindhoven di posisi tiga, dengan catatan selisih gol yang lebih baik atas Tottenham. Keduanya sama-sama belum mendapatkan angka.
Jalannya Pertandingan

Baru dua menit berjalan, Barcelona sudah unggul. Lionel Messi melepaskan umpan ciamik ke sisi kiri, di mana Jordi Alba berlari. Hugo Lloris bergerak maju untuk memotong bola, tapi Alba dengan tenang mengoper ke tengah.

Bola diterima Philippe Coutinho, yang kemudian menceploskan bola ke dalam gawang.

Tottenham bermain lebih agresif untuk menekan Barcelona. Tapi tuan rumah mesti menunggu hingga menit ke-24 untuk mencatatkan ancaman ke gawang Barcelona. Tembakan Harry Kane masih mudah diantisipasi Marc-Andre ter Stegen.

Saat Tottenham pelan-pelan membangun momentum, Barcelona malah kembali mencetak gol, tepatnya di menit ke-28. Mulanya tembakan Coutinho dari sisi kiri di dalam kotak penalti diblok. Bola liar kembali ke kakinya dan dioper ke depan kotak penalti.

Rakitic datang menjemput bola dan melepaskan tembakan voli. Bola meluncur deras ke pojok kiri gawang tanpa terjangkau oleh Lloris.

Tottenham balas mengancam di menit ke-33. Son Heung-min menusuk di kiri dan mengirim umpan silang. Bola membentur Gerard Pique dan nyaris jadi gol bunuh diri, sebelum kemudian dihentikan Ter Stegen dengan satu tangan. Ter Stegen lantas menangkap bola sebelum disambar pemain Tottenham lainnya.

Sebuah percobaan dari Messi di menit ke-37 masih tepat mengarah ke Lloris.

Di masa injury time babak pertama, tembakan Suarez diblok dan hanya menghasilkan korner. Tak ada gol lain di sampai paruh pertama berakhir.

Barcelona nyaris menambah keunggulan semenit babak kedua berjalan. Messi melepaskan tembakan mendatar dari depan kotak penalti, bola mengarah ke pojok kiri dan menghantam tiang gawang.

Kejadian serupa terulang di menit ke-51. Messi menusuk dari kanan, lalu menembak ke arah kiri. Tiang yang sama menggagalkannya.

Nyaris kebobolan dua kali di awal babak kedua, Tottenham malah berhasil memperkecil ketertinggalan di menit ke-52. Erik Lamela memainkan umpan terobosan ke Kane di sisi kiri.

Kane mengecoh Nelson Semedo lalu melepaskan tendangan mendatar yang menaklukkan Ter Stegen.

Tapi skor kembali berubah di menit ke-56. Alba menusuk dari kiri dan mengirim umpan tarik. Coutinho dan Suarez melepaskan bola. Messi yang berlari tak terkawal menceploskannya dengan mudah ke dalam gawang.

Tottenham tak menyerah begitu saja dan mendapatkan gol kedua di menit ke-66. Lamela menerima umpan dari Son di depan kotak penalti dan menyelesaikannya dengan tembakan. Bola membentur Lenglet sehingga mengecoh Ter Stegen dan masuk ke gawang.

Lloris nyaris melakukan blunder berujung gol di menit ke-68. Upayanya menyapu back-pass ceroboh digagalkan Messi. Messi yang menyerobot bola tinggal menghadapi gawang kosong, tapi Toby Aldereweireld datang dan membuang bola.

Tottenham meningkatkan intensitas serangannya selepas mendapatkan gol kedua. Lucas Moura menciptakan ancaman di menit ke-84, saat melewati dua pemain dan melepaskan tembakan di sisi kiri di dalam kotak penalti. Tapi laju bola diblok oleh Lenglet yang jadi bek terakhir dalam situasi itu.
Terus menekan, Tottenham justru kebobolan dari sebuah kesalahan di menit ke-90. Tuan rumah mencoba membangun permainan dari belakang, tapi Moussa Sissoko kehilangan bola saat gagal mengontrol di lini tengah.

Bola direbut Alba yang langsung melepaskan umpan silang ke tengah kotak penalti. Suarez melepaskan bola, membuat Messi yang di belakangnya tinggal menghadapi gawang. Dengan tenang Messi menaklukkan Lloris.

Tak ada lagi gol tercipta di sisa waktu.

Susunan pemain:

Tottenham: Hugo Lloris; Kieran Trippier, Toby Alderweireld, Davinson Sanchez, Ben Davies; Victor Wanyama (Dier 57'), Harry Winks; Lucas, Erik Lamela (Llorente 79'), Son Heung-Min (Sissoko 67'); Harry Kane

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Arthur (Vidal 87'), Sergio Busquets (Vermaelen 91'), Ivan Rakitic; Lionel Messi, Philippe Coutinho (Rafinha 83'), Luis Suarez
(raw/nds)

FOKUS BERITA: Tottenham vs Barcelona
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Mbappe Senang Disamakan dengan Pele, tapi...

    Sepakbola | Rabu 14 November 2018, 12:54 WIB Kylian Mbappe senang saja dibanding-bandingkan dengan legenda Brasil, Pele. Tapi menurut Mbappe, hanya ada satu Pele di lapangan hijau dan dia yang terhebat.
  • 20Detik

    Era Messi dan Ronaldo Segera Berakhir, Benarkah?

    Sepakbola | Rabu 14 November 2018, 12:50 WIB Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dikabarkan tidak masuk dalam 3 finalis Ballon d'Or 2018. Kabar ini muncul dari seorang jurnalis asal Prancis, Eric Mamruth.
  • Wajah Asia Tenggara di Klub-klub Eropa

    Sepakbola | Senin 12 November 2018, 19:53 WIB Egy Maulana Vikri dan sejumlah pemain-pemain yang membela timnas negara-negara Asia Tenggara meramaikan liga Eropa. Siapa saja?
  • Maradona: Madrid Kehilangan Ronaldo, tapi...

    Sepakbola | Rabu 14 November 2018, 12:43 WIB Diego Maradona sepakat kalau Real Madrid kehilangan sentuhan-sentuhan Cristiano Ronaldo. Tapi dia yakin Madrid sudah punya rencana-rencana.
  • Piala AFF 2018: Indonesia 3-1 Timor Leste

    Pergantian Pemain Jadi Kunci Kebangkitan Indonesia

    Sepakbola | Rabu 14 November 2018, 11:30 WIB Indonesia bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan Timor Leste 3-1 pada matchday kedua Piala AFF 2018. Subtitusi Bima Sakti jadi kunci kebangkitan.
  • 20Detik

    Komentar Miring Maradona ke Solari

    Sepakbola | Rabu 14 November 2018, 11:55 WIB Santiago Solari telah diangkat jadi pelatih tetap di Real Madrid. Keputusan ini juga turut dikomentari oleh sang legenda Argentina, Diego Maradona.
  • Foto Sepakbola

    Dukungan Tanpa Syarat Suporter Indonesia

    Sepakbola | Jumat 09 November 2018, 23:15 WIB Laga Piala AFF 2018 antara Indonesia vs Singapura digelar di National Stadium, Jumat (9/11) malam. Laga itu juga disaksikan langsung oleh suporter setia timnas.
  • 20Detik

    Ingin Kembali ke Premier League, Rooney?

    Sepakbola | Rabu 14 November 2018, 11:12 WIB Penampilan Wayne Rooney kembali menanjak ketika membela D.C. United di liga tertinggi Amerika Serikat. Lalu adakah niatan Wazza kembali ke Premier League?
  • Maradona: Mourinho Lebih Baik ketimbang Pep

    Sepakbola | Rabu 14 November 2018, 10:55 WIB Bagi Diego Maradona, Jose Mourinho lebih baik ketimbang Pep Guardiola. Sebab, Guardiola selalu dimudahkan di tim-tim yang dilatihnya, terutama soal gaya main.
  • Manchester Masih Biru

    Sepakbola | Senin 12 November 2018, 07:15 WIB Manchester City memenangi laga dengan Manchester United. Hasil derby di Etihad Stadium, Minggu (11/11/2018) menunjukkan Manchester masih biru.
  • Andik, Kanan Kiri Oke!

    Sepakbola | Rabu 14 November 2018, 10:35 WIB Andik Vermansah membuktikan bisa menjadi solusi di sektor sayap Timnas Indonesia. Di kana atau kiri lapangan, Andik sama-sama oke!
  • 20Detik

    Rooney Bicara Tentang Gareth Southgate

    Sepakbola | Rabu 14 November 2018, 10:31 WIB Wayne Rooney kembali memperkuat tim nasional Inggris dibawah manajer Gareth Southgate. Lantas bagaimana sosok Southgate di mata penyerang 33 tahun itu?
  • Pogba: Kembali ke MU Seperti Pulang ke Rumah

    Sepakbola | Rabu 14 November 2018, 09:20 WIB Manchester United akan selalu menjadi klub yang diidam-idamkan Paul Pogba. Maka kembalinya dia ke Old Trafford dari Juventus menjadi seperti pulang ke rumah.
  • Patah Engkel Tak Patahkan Semangat Welbeck

    Sepakbola | Rabu 14 November 2018, 09:06 WIB Gara-gara cedera patah engkel Danny Welbeck harus naik meja operasi. Mulai menjalani proses pemulihan, Welbeck tak patah semangat.
  • Asyiknya Ronaldo Nonton Tenis Bersama Keluarga

    Sepakbola | Selasa 13 November 2018, 19:17 WIB Usai mengantar Juventus meraih kemenangan di kandang AC Milan, Cristiano Ronaldo langsung terbang ke London. Dia nonton tenis bersama anak dan istrinya.
  • Foto Sepakbola

    Selebrasi Kemenangan Indonesia atas Timor Leste

    Sepakbola | Rabu 14 November 2018, 06:55 WIB Indonesia menang 3-1 atas Timor Leste dalam matchday kedua Piala AFF 2018. Para pemain meluapkan kegembiraannya dengan berbagai macam gaya.
  • Senangnya Alfath Fathier Bisa Bermain Lepas

    Sepakbola | Rabu 14 November 2018, 07:33 WIB Alfath Fathier menjalani debut bersama Timnas Indonesia di ajang kompetitif dengan menyumbang satu gol. Bek Madura United itu pun senang bisa main lepas.
  • Tamparan dari Atalanta Akan Melecut Inter

    Sepakbola | Rabu 14 November 2018, 06:39 WIB Kekalahan memalukan dari Atalanta disebut sebagai tamparan bagi Inter Milan. Bek Inter Milan Skriniar yakin hasil mengecewakan itu justru akan melecut timnya.
  • Foto News

    Mereka yang Tetap Setia Datang ke GBK

    Sepakbola | Selasa 13 November 2018, 22:47 WIB Timnas Indonesa bertanding melawan Timor Leste di SUGBK, Jakarta, Selasa (13/11/2018) malam WIB. Dukungan terus dilakukan oleh suporter setia Timnas Indonesia.
  • Pelatih Timor Leste: Mantap, Indonesia!

    Sepakbola | Rabu 14 November 2018, 05:32 WIB Timor Leste sempat memimpin lebih dulu sebelum akhirnya kalah 1-3 dari Indonesia. Pelatih Norio Tsukitate menyebut penampilan Skuat Garuda memang bagus.
  • Andik Tak Menyangka Jadi Man of The Match

    Sepakbola | Rabu 14 November 2018, 04:27 WIB Andik Vermansah didapuk menjadi man of the match di laga Indonesia vs Timor Leste. Andik tak menyangka mendapat penghargaan tersebut.