sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 28 Agu 2014 03:49 WIB

<i>Playoff</i> Liga Champions

Gol Tunggal Sanchez Loloskan Arsenal ke Fase Grup

- detikSport
REUTERS/Dylan Martinez
London -

Arsenal berhak melaju ke fase grup Liga Champions usai memenangi leg kedua Playoff kontra Besiktas dengan skor 1-0, lewat gol tunggal Alexis Sanchez.

Pada pertandingan yang dihelat di Emirates Stadium, Kamis (28/8) dinihari WIB, Sanchez bikn gol di penghujung babak pertama. Gol tersebut bertahan hingga laga usai.

Arsenal yang tampil dominan dengan 57 persen ball possesion dengan bikin enam sepakan tepat sasaran dari total 11 tembakan. Sementara Besiktas cuma satu on goal dari tiga sepanjang 90 menit.

Bermain imbang 0-0 di pertemuan pertama, tim berjuluk The Gunners itu lolos ke babak grup Liga Champions.

Jalannya Pertandingan

Arsenal langsung menekan sejak menit awal pertandingan ini demi mendapat gol yang memuluskan jalan ke babak grup.

Di menit 8 peluang pertama hadir untuk Arsenal ketika Jack Wilshere merebut bola liar yang lepas dari kaki Alexis Sanchez. Wilshere kemudian masuk ke kotak penalti dan melepaskan sepakan kaki kiri, namun bola masih menyamping.

Setelah itu Arsenal masih mendominasi jalannya laga namun mereka kesulitan menembus pertahanan Besiktas.

Gol yang ditunggu publik Emirates Stadium akhirnya muncul di masa injury time babak pertama dan Sanchez menciptakan gol perdananya dalam seragam Arsenal.

Bola sapuan yang kurang sempurna jatuh di kaki Wilshere yang melakukan umpan satu dua di depan kotak penalti. Bola kemudian mengarah ke Sanchez yang dengan sekali sepak mengarahkannya ke dalam gawang Besiktas.

Masuk di babak kedua, Arsenal kian bernafsu bikin gol untuk memastikan Besiktas tak mampu mengejar keunggulan mereka.

Di menit 49 Santi Cazorla melepaskan sepakan ke arah gawang, namun arahnya melebar dari sasaran dan Sanchez yang hendak menggapai bola liar itu telat sepersekian detik untuk mencocornya ke dalam gawang.

Dua menit kemudian lini pertahanan Besiktas dengan mudahnya ditembus oleh Alex Wilshere yang melakukan tik-tak dengan Sanchez. Namun sepakan jarak dekat Sanchez bisa ditepis oleh Tolga Zengin.

Sejam laga berjalan Arsenal dapat peluang lagi. Free kick Oezil dari sisi kanan mengarah ke tiang jauh yang disambut tandukan Mathieu Debuchy tapi bola masih menyasar sisi gawang.

Besiktas mendapat peluang terbaiknya di menit 63 ketika Demba Ba mendapat ruang tembak di kotak penalti. Sayang bola hasil sepakannya malah mengenai bagian luar kanan gawang Wojciech Szczesny.

Di menit 74 Arsenal lagi-lagi buang peluang ketika Chamberlan mendapat bola sodoran Cazorla, namun sepakan jarak dekatnya tepat mengarah ke Zengin.

Semenit sesudahnya Arsenal kehilangan Debuchy yang diusir keluar usai menerima kartu kuning kedua.

Semenit jelang waktu normal habis Ba sekali lagi punya kesempatan bikin gol namun tembakan pemain Besiktas itu menyamping.

Skor 1-0 bertahan hingga laga usai dan Arsenal berhak lolos ke fase grup Liga Champions untuk 17 musim beruntun.

Susunan Pemain

Arsenal: Szczesny; Debuchy, Mertesacker, Koscielny, Monreal; Wilshere, Flamini; Oxlade-Chamberlain, Oezil (Chambers 76'), Cazorla; Alexis.

Besiktas: Zengin; Koybasi, Franco, Gulum, Motta; Kavlak (Uysal 76'), Hutchinson, Ozyakup; Sahan (Tore 62'), Ba, Pektemek (Tosun 87').

(mrp/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com