DetikSepakbola
Jumat 09 Desember 2016, 05:10 WIB

Liga Europa

Inter Kalahkan Sparta Praha 2-1 di Matchday Terakhir

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Inter Kalahkan Sparta Praha 2-1 di Matchday Terakhir Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo
Milan - Inter Milan menutup fase grup Liga Europa musim ini dengan kemenangan tipis 2-1 atas Sparta Praha.

Pada laga terakhir Grup K yang dihelat di Giuseppe Meazza, Jumat (9/12/2016) dinihari WIB, Inter menurunkan sebagian besar pemain pelapisnya termasuk beberapa pemain muda.

Pasalnya laga ini tak berpengaruh apapun bagi Inter yang dipastikan finis sebagai juru kunci di fase grup Liga Europa musim ini. Sementara Sparta Praha jadi juara grup.

Pelatih Stefani Pioli memainkan formasi 3-4-3 dengan menurunkan striker 17 tahun Andrea Pinamonti di lini depan. Penampilan buruk Inter di fase grup kali ini sudah membuat kecewa para suporternya.

Ultras Inter yang biasa mendiami tribun utara pun memboikot dan hanya menaruh spanduk bertuliskan 'Empat kekalahan dari lima pertandingan. Ini hasil dari usaha memalukan kalian semua... Sungguh memalukan.' Hanya ada kurang dari 15 ribu penonton hadir di pertandingan ini.

Eder yang dipasang sebagai striker punya peluang lewat sepakan keras di awal pertandingan tapi bola masih melayang di atas mistar. Sementara kiper Sparta juga dipaksa menepis tembakan Eder.

Gol pembuka di laga ini dibuat Eder pada menit ke-23. Dua pemain muda, Senna Miangue dan Pinamonti menjadi arsitek gol itu. Miangue mengirim umpan silang yang diteruskan oleh kepala Pinamonti ke arah Eder.

Tembakan Eder sempat diblok kiper Sparta namun bola rebound langsung disambar jadi gol. Inter unggul 1-0.

Sparta sendiri bukannya tanpa pelaung ketika Andrea Ranocchia salah mengantisipasi bola crossing David Lafata yang nyaris menjebol jalanya sendiri. Babak pertama berakhir untuk keunggulan 1-0 Inter.

Masuk di babak kedua, Sparta balik menekan Inter dan hasilnya di menit ke-54, skor jadi sama kuat 1-1. Crossing Borek Dockal mengarah ke kotak penalti dan di sana ada Lukas Marecek yang menyundul bola. Arah bola yang parabolik lantas mengecoh Juan Pablo Carizzo.

Sparta mendapat hadiah penalti pada menit ke-65 menyusul pelanggaran Marco Andreolli di kotak terlarang. Sayangnya penalti Dockal bisa ditepis Carizzo.

Kedua tim saling bertukar serangan hingga mendekati waktu normal habis, sebelum Eder membuat Inter kembali unggul 2-1 di menit ke-90.

Umpan tarik Ansaldi didapat Eder yang mengecoh satu pemain Sparta sebelum menembak mulus ke dalam gawang. Skor tersebut bertahan hingga laga usai.

Kemenangan ini tak mengubah posisi Inter di urutan terbawah grup dengan enam poin dari enam laganya. Sementara Sparta ada posisi teratas grup dengan 12 poin.

Sparta lolos ke 32 besar ditemani Hapoel Beer Sheva yang finis runner-up grup dengan 8 poin, sama dengan milik Southampton di posisi ketiga. Namun, hasil imbang 1-1 di laga terakhir membuat Beer Sheva unggul agregat gol tandang setelah bermain imbang 0-0 di pertemuan pertama.

Inter Kalahkan Sparta Praha 2-1 di <i>Matchday</i> TerakhirFoto: Reuters/Hannah McKay

Susunan Pemain

Inter Milan: Carrizo; Murillo, Andreolli, Ranocchia; Biabiany, Ansaldi, Melo, Miangue; Eder, Pinamonti (Bakayoko 80'), Palacio (Perisic 46')

Sparta Praha: Koubek; Karavaev, Mazuch, Michael Kadlec, Costa; Julis (Dudl 89'), Holek, Marecek, Cermak (Sacek 78'); Dockal; Lafata (Pulkrab 74')



(mrp/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed