DetikSepakbola
Kamis 22 Februari 2018, 12:56 WIB

0,18 Detik, Waktu yang Dipunya De Gea untuk Menepis Tandukan Muriel

Doni Wahyudi - detikSport
0,18 Detik, Waktu yang Dipunya De Gea untuk Menepis Tandukan Muriel David de Gea melakukan penyelamatan gemilang untuk menghalau tandukan Muriel (REUTERS/Jon Nazca)
Jakarta - David De Gea menunggu dengan konsentrasi tinggi saat melihat Luis Muriel yang hanya beberapa meter di depannya menanduk bola. Sejurus kemudian sebuah penyelamatan gemilang dilakukan kiper asal Spanyol itu.

Laga Sevilla dengan Manchester United sudah masuk injury time babak pertama saat Jesus Navas mengirim umpan crossing ke tengah kotak penalti. Di sana, Muriel sudah menyelinap di antara bek MU dan bersiap menyambar bola yang datang.

Umpan yang dikirim Navas begitu terukur, tepat mengarah ke Muriel yang bergerak mendekati gawang. Striker asal Kolombia itu kemudian melompat dan menyambar bola dengan kepalanya. Tandukannya bertenaga, menyebabkan si kulit bundar melesat ke arah gawang.



Di sana, De Gea menunggu dengan tatapan yang menunjukkan konsentrasi tinggi. Tak sampai sedetik setelah bola meluncur dari kepala Muriel, De Gea, entah bagaimana, berhasil membaca arahnya. Kiper 27 tahun itu mengeyahkan bola dari gawangnya menggunakan tangan kanan, menepis ke sisi atas, ke luar lapangan.




DailyMail menyebut jarak antara Muriel dengan De Gea hanya sekitar 4,5 meter. Sementara bola tandukan sang striker melesat ke arah gawang dengan kecepatan 91,4 km/jam. Itu artinya waktu yang ditempuh bola (dari kepala Muriel ke tangan De Gea), hanya 0,18 detik.

Entah bagaimana, De Gea mampu mengantisipasinya. Itu kemudian menjadi moment paling diingat dari laga yang tuntas dengan skor 0-0 tersebut.



"Mungkin saya menanduk terlalu dekat dengan tubuhnya. Sebenarnya saya memiliki peluang untuk mengarahkan itu ke arah yang berbeda. Tapi, saya memilih untuk menanduk itu sekuat tenaga, bukan mengarahkannya. Lagipula De Gea memang kiper yang bagus," Sesal Muriel usai pertandingan.
(din/mrp)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed