DetikSepakbola
Jumat 23 Februari 2018, 19:07 WIB

Ultras Rusuh di Laga Bilbao vs Spartak Moskow, Satu Polisi Tewas

Yanu Arifin - detikSport
Ultras Rusuh  di Laga Bilbao vs Spartak Moskow, Satu Polisi Tewas Foto: Vincent West/Reuters
Bilbao - Kabar duka datang dari sepakbola. Kerusuhan suporter di pertandingan Liga Europa antara Athletic Bilbao vs Spartak Moskow menewaskan satu anggota polisi.

Merangkum BBC dan Marca, anggota yang tewas itu bernama Inocencio Alonso Garcia (51). Ia menjadi satu dari 500 anggota polisi yang mengamankan pertandingan leg kedua babak 32 besar Liga Europa antara Bilbao vs Spartak Moskow di Stadion San Mames, Jumat (23/2/2018) dini hari WIB.

Jelang pertandingan, sebanyak 200 ultras Spartak Moskow yang datang ke Bilbao terlibat kerusuhan dengan suporter tuan rumah. Dalam video yang beredar, kedua kubu saling melempar botol bir dan flare.

Garcia dikabarkan mengalami serangan jantung usai terkena lemparan flare. Ia sempat dilarikan ke Rumah Sakit Basturo, tapi nahas nyawanya tidak tertolong.

Kejadian ini membuat banyak pihak angkat suara. Mulai dari pihak kepolisian, klub, UEFA hingga Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy. Semuanya mengecam insiden tersebut.

Diketahui, ada sejumlah ultras yang memang berniat berbuat rusuh dengan membawa senjata. Sebanyak lima orang diamankan petugas dalam kejadian tersebut.

Laga sendiri dimenangi Spartak Moskow dengan skor 2-1. Tapi, Bilbao yang tetap lolos ke 16 besar berkat keunggulan agregat 4-3.


(yna/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed