DetikSepakbola
Selasa 18 September 2018, 23:49 WIB

Jelang Liga Champions

Guardiola Absen, Saatnya Arteta Jadi Manajer Dadakan

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Guardiola Absen, Saatnya Arteta Jadi Manajer Dadakan Mikel Arteta bakal menjalani debut sebagai "manajer" di lapangan (Andrew Boyers/REUTERS)
Manchester - Laga Manchester City kontra Lyon akan terasa spesial untuk Mikel Arteta. Sebab untuk pertama kalinya Arteta akan bertindak sebagai manajer.

City akan menghadapi Lyon pada laga pembuka Grup F Liga Champions di Etihad Stadium, Kamis (20/9/2018) dinihari WIB besok. Ini bakal jadi pembuktikan awal untuk The Citizens yang bertekad menaklukkan Eropa di bawah asuhan Pep Guardiola, setelah gagal di dua musim pertamanya.

Tapi, langkah City terbilang tak mudah karena selain Lyon bukanlah lawan yang enteng, ada faktor lain yakni absennya Guardiola yang harus menjalani hukuman pengusiran di laga perempatfinal kontra Liverpool musim lalu.






Tak ada Guardiola, maka sang asisten Arteta-lah yang bakal duduk di bangku cadangan. Ini bakal jadi pengalaman baru untuk Arteta yang selama ini kerap digadang-gadang jadi manajer baru Arsenal.

Namun, The Gunners malah memilih Unai Emery dan Arteta tetap jadi sekondan Guardiola di City. Boleh dibilang ini seperti ujian awal bagi Arteta yang tentunya punya ambisi jadi manajer ke depannya.

Bahkan untuk sesi konferensi pers jelang duel kontra Lyon, Arteta-lah yang diperintahkan turun menggantikan Guardiola.

"Saya tidak bicara soal itu dua atau tiga bulan lalu, dan saya rasa hari bukan saat yang tepat membicarakan itu," ujar Arteta di FourFourTwo.






"Anda tahu terkadang beberapa hal suka terjadi, tapi kenyataannya saya ada di sini dan saya sangat bahagia," sambungnya.

"Anda sulit memperdiksi apapun dalam sepakbola, Anda harus cepat membuat keputusan ketika terjadi sesuatu,. keputusan harus dibuat dan saya merasa sangat gembira serta terhormat bisa ada di sini."

"Saya merasa sangat siap mengemban tugas tersebut untuk saat ini. Jika Anda bertanya apakah saya akan menjadi pelatih ke depannya, jawabannya mungkin ya tapi saya sangat senang dengan kondisi sekarang dan saya pikir kami ada di momentum yang fantastis saat ini serta masih ada peluang untuk klub jadi lebih baik."






(mrp/nds)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed