sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 12 Feb 2019 18:39 WIB

MU Vs PSG : Duel Tim Kaya Tanpa Pemain Termahal Dunia

Putra Rusdi Kurniawan - detikSport
Neymar absen saat Paris Saint Germain bertamu ke Manchester United (Srdjan Stevanovic/Getty Images) Neymar absen saat Paris Saint Germain bertamu ke Manchester United (Srdjan Stevanovic/Getty Images)
Jakarta - Dua pemain termahal dunia ada di Paris Saint Germain, sementara Manchester United punya pemain yang pernah memegang status tersebut. Di Old Trafford malam nanti, dua tim tajir itu bertemu.

Manchester United dan PSG bersua di leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (13/2/2019). MU dan PSG saat ini masuk dalam 10 besar tim dengan pendapatan tertinggi di musim 2017/2018.

PSG memang memiliki pemain-pemain termahal dunia macam Neymar dan Kylian Mbappe. Keduanya malah masih tercatat sebagai pemain dengan nilai transfer paling mahal.



Namun dalam hal pendapatan klub di musim lalu, PSG masih jauh di bawah Setan Merah.

Dilansir dari daftar yang dibuat oleh The Deloitte's Football Money League, MU menempati peringkat ketiga daftar tim dengan pendapatan terbesar di musim 2017/2018. The Red Devils hanya kalah dari bawah Real Madrid dan Barcelona.

Total Setan Merah mengumpulkan pendapatan 666 juta euro (sekitar Rp 10,5 triliun) di musim lalu. Meski jumlah tersebut masih terbilang besar, namun sebenarnya Setan Merah mengalami penurunan pendapatan.

Pada musim sebelumnya mereka adalah tim dengan pendapatan terbesar di dunia setelah berhasil meraup keuntungan 676,3 juta euro (Rp 10,7 triliun). Faktor penyebab menurunnya keuntungan Setan Merah ini diprediksi karena buruknya performa mereka di musim lalu.



PSG, yang langganan mendatangkan pemain mahal dalam beberapa musim terakhir, hanya menempati posisi keenam daftar yang sama. Mereka total meraup keuntungan 541,7 juta euro (Rp 8,5 triliun) di musim 2017/2018.

Pendapatan PSG memang terpaut jauh dari Setan Merah, berselisih hampir 120 juta euro. Tapi, secara grafik peningkatan pendapatan Les Parisien lebih baik dari MU. Pendapatan PSG naik 80 juta euro lebih.

Melejitnya PSG menjadi tim kaya juga tak lepas akusisi investor dari Qatar yang dimulai pada tahun 2011. Pengambilalihan tersebut membuat PSG banyak mendatangkan pemain bintang. Keputusan tersebut berdampak dengan meningkatkan nilai komersial tim yang bermarkas di Parc de Princess ini.



Kesepakatan kerja sama komersial menjadi sumber utama pendapat PSG dalam beberapa musim terakhir. Di musim lalu saja PSG mampu mendapatkan 313 juta euro dari sektor itu.

Meski bertajuk duel dua tim kaya, namun laga di Old Trafford nanti malam urung menghadirkan duel dua pemain termahal dunia antara Neymar (222 juta euro) dengan Paul Pogba (105 juta euro). Ini terjadi karena Neymar dipastikan tak akan berlaga di Old Trafford. Ia absen akibat masih berkutat dengan penyembuhan cedera metatarsal yang dideritanya. (din/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed