sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 15 Mar 2019 04:53 WIB

Terkait Undian Perempatfinal Liga Champions, MU Harus Mengalah ke City

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Manchester City dan Mancheste United berpotensi bertemu di Liga Europa (Laurence Griffiths/Getty Images) Manchester City dan Mancheste United berpotensi bertemu di Liga Europa (Laurence Griffiths/Getty Images)
Nyon - UEFA memutuskan Manchester United harus mengalah ke Manchester City terkait pertandingan kandang di perempatfinal Liga Champions. Memangnya ada apa?

Kedua tim kota Manchester itu sama-sama melaju ke perempatfinal. MU lebih dulu memastikan tiket delapan besar usai menang dramatis 3-1 di kandang Paris St-Germain pada leg kedua 16 besar pekan lalu dan lolos dengan agregat gol tandang 3-3.

Sementara, City dua hari lalu lolos dengan sangat meyakinkan usai menang telak 7-0 atas Schalke 04 di leg kedua. City melaju dengan total agregat 10-2, terbesar di antara tim-tim perempatfinalis yang lain.




Dengan tidak adanya aturan yang mengekang dalam drawing perempatfinal yang dilakukan di Nyon, Jumat (15/3) malam WIB nanti, maka tim manapun bisa saling berhadapan meski berasal dari satu negara.

Maka jangan heran jika ada dua pertandingan yang mempertemukan sesama tim Inggris mengingat mereka mengirimkan empat wakil, sisanya Liverpool dan Tottenham Hotspur.

Nah, terkait kemungkinan satu kota menggelar dua pertandingan berbarengan di pekan yang sama, UEFA tidak akan membiarkannya terjadi, baik itu di malam yang sama atau di sehari setelahnya. Ini menyinggung City dan MU yang sama-sama berasal dari Manchester.

Menurut aturan UEFA, karena MU berperingkat lebih rendah di liga ketimbang City musim lalu, maka Setan Merah harus mengalah untuk menggelar pertandingan kandang belakangan ketimbang City.




Contohnya, jika MU dan City mendapat jatah kandang di leg pertama, maka MU harus tandang lebih dulu di leg pertama sebelum menjadi tuan rumah di leg kedua. Sementara jika MU dan City sama-sama mendapat tandang di leg pertama, maka City yang didahulukan melakoni laga kandang.

"Manchester City dan Manchester United tidak diperbolehkan menggelar laga kandang di hari yang sama atau dua hari beruntun, menyusul keputusan yang dibuat oleh otoritas pemerintah lokal," demikian pernyataan resmi UEFA.

"Jika hasil undian mengharuskan kedua tim bermain di pekan yang sama, maka tim yang finis lebih rendah di kompetisi domestik musim sebelumnya - dalam hal ini Manchester United - akan ditukar jadwalnya menurut aturan Komite Kompetisi Antarklub UEFA."

"Demikian halnya dengan potensi serupa di semifinal, karena alasan yang sama, akan dikonfirmasi lebih lanjut usai perempatfinal."

Rencananya leg pertama perempatfinal akan dihelat 9-10 April dan 16-17 April.





Tonton juga video saat Arsenal Hajar MU 2-0:

[Gambas:Video 20detik]

(mrp/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed