sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 15 Mar 2019 18:46 WIB

Ajax dan Memori Manis Juventus Juara Liga Champions 1995/1996

Yanu Arifin - detikSport
Undian perempatfinal Liga Champions mempertemukan Ajax Amsterdam vs Juventus. (Foto: Denis Balibouse/Reuters) Undian perempatfinal Liga Champions mempertemukan Ajax Amsterdam vs Juventus. (Foto: Denis Balibouse/Reuters)
Jakarta - Ajax Amsterdam menjadi lawan Juventus di perempatfinal Liga Champions. Bianconeri punya memori manis saat juara dengan mengalahkan wakil Belanda itu.

Undian babak perempatfinal Liga Champions sudah dilakukan di Nyon, Swiss, Jumat (15/3/2019). Hasil drawing salah satunya mempertemukan Ajax vs Juventus.

Ajax vs Juventus bukan partai baru di Liga Champions. Kedua tim pernah bersua, dan yang paling diingat tentu saja di final Liga Champions musim 1995/1996.




Ajax dan Juventus bertemu di babak final. Sebelumnya, Juventus mengalahkan Nantes dengan agregat 4-3, dan Ajax menyingkirkan Panathinaikos dengan keunggulan 3-1.

Di final yang berlangsung di Stadion Olimpico, Roma, 22 Mei 1996, Ajax vs Juventus berlangsung ketat. Kedua tim bermain 1-1, di mana gol geladang serang Ajax Jari Litmanen dibalas oleh Fabrizio Ravanelli. Hingga ekstra time, skor tidak berubah.




Laga pun dilanjutkan ke babak adu penalti, dan Juventus memenangkannya dengan skor 4-2, setelah dua penendang Ajax Sonny Silooy dan Edgar Davids gagal menyarangkan bola. Juventus pun menjadi juara Liga Champions, yang merupakan gelar keduanya setelah musim 1984/1985, dan terakhirnya dari kompetisi itu hingga saat ini.

Ajax juga punya pengalaman mengalahkan Juventus di final. Pada 1973, kedua tim bertemu di final Piala Eropa (format lama Liga Champions) di mana Ajax menang 1-0 dan menggondol trofi juara di Stadion FK Crvena Zvezda, Belgrade.

Dan laga Ajax vs Juventus terjadi lagi di perempatfinal Liga Champions 2018/2019. So, apakah Juventus, yang kini diperkuat Cristiano Ronaldo, bisa mengulang memori manis di Roma 23 tahun silam atau Ajax yang bisa menebus kekalahannya? (yna/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed