Viral! Pemain Bola Diganti lalu... Bersih-bersih Punguti Sampah!

Kris Fathoni W - Sepakbola
Sabtu, 02 Okt 2021 12:00 WIB
Celtics Kyogo Furuhashi during their Europa League Group G match against Bayer Leverkusen at Celtic Park, Glasgow, Scotland, Thursday, Sept. 30, 2021. (Andrew Milligan/PA via AP)
Kyogo Furuhashi, pemain Celtic yang viral usai memunguti sampah usai diganti. (Foto: AP/Andrew Milligan)
Jakarta -

Diganti di tengah laga lalu ngambek atau marah-marah tidak terjadi di momen viral ini. Yang ada, si pesepakbola justru memunguti sampah di lapangan saat berjalan ke arah bench!

Adegan viral itu terjadi di laga Liga Europa pada tengah pekan, ketika Celtic menelan kekalahan telak 0-4 ketika menjamu Bayer Leverkusen. Ada pemain asal Jepang, Kyogo Furuhashi, yang diganti di pertengahan babak kedua.

Pencatat 8 caps di timnas Jepang itu ditarik keluar di menit ke-74 ketika tim tuan rumah sedang ketinggalan 0-3 dari tamunya di Celtic Park.

Furuhashi, yang baru direkrut Celtic dari Vissel Kobe pada musim panas, boleh jadi sangat kecewa karena tanpa daya membantu timnya meladeni permainan lawan. Tapi yang menarik, ia tidak memperlihatkan itu dengan cara negatif.

Saat pergantian pemain biasa bikin pemain yang ditarik keluar mengumbar kekesalan atau pasang muka cemberut saat meninggalkan lapangan, Furuhashi justru berlalu seraya memunguti sampah di tepi lapangan!

Beberapa kali ia tampak menunduk dan memunguti sampah-sampah yang bertebaran di sekitarnya dalam perjalanan menuju bench Celtic. Sontak kejadian ini viral dan bikin publik salut dengan Kyogo Furuhashi.

Sebagai pengingat, pemain-pemain sepakbola dari Jepang bukan kali ini saja melakukan hal serupa. Di Piala Dunia 2018, timnas Jepang dapat apresiasi tinggi setelah memberesi sendiri sampai rapi ruang gantinya, usai kalah secara dramatis lawan Belgia. Saat itu Jepang sempat unggul 2-0 tapi berbalik kalah 2-3.

Kurang dari satu tahun kemudian, timnas Jepang juga melakukan hal serupa usai tersingkir di Piala Asia. Menariknya lagi, Samurai Biru dan para suporternya pun punya semangat bebersih yang sama.

Pada Juni 2019, misalnya. Suporter Jepang terlihat memunguti sampah di antara kursi-kursi stadion setelah partai Jepang lawan Skotlandia di fase grup Piala Dunia Wanita.

(krs/krs)