DetikSport
Kamis 28 Juli 2016, 13:04 WIB

Ini Logo dan Maskot Baru Asian Games 2018

Mercy Raya - detikSport
Ini Logo dan Maskot Baru Asian Games 2018 Foto: -
Jakarta - Setelah yang pertama menjadi kontroversi, akhirnya logo dan maskot baru Asian Games 2018 diluncurkan. Disain baru tersebut hasil sayembara.

Peluncuran dilakukan di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Kamis (28/7/2016), yang dihadiri Menpora Imam Nahrawj, Kepala Bekraf Triawan Munaf, Perwakilan DKI Jakarta Sylvinan Murni, Kepala Staf Kepresiden Teten Masduki, juga pemenang sayembara, Jefferson Edri C.

Logo terpilih yang telah disetujui Presiden Joko Widodo itu terinspirasi dari bagian atas Stadon Utama Gelora Bung Karno. Di tengahnya adalah matahari, simbol dari Asian Games yang bertajuk "Energy of Asia", yang mengilutrasikan matahari sebagai sumber energy yang menyebar melalui delapan jalur ke seluruh Asia (dan dunia), melalui Asian Games.

"Logo atau identitas AG itu menggambarkan energi yang kuat dalam merefleksikan dan mempromosikan Indonesia ke dunia. Serupa dengan peristiwa saat Indonesia menjadi tuan rumah AG IV tahun 1962 , maka dengan logo baru ini Indonesia sebagai tuan tumah siap menunjukkan jati diri kepada dunia melalui penyelenggaraan dan prestasi yang sukses," kata Imam.

Logo terpililih adalah satu dari dari 11 nominasi karya yang diterima panitia seleksi, yang menggantikan logo lama berupa burung cendrawasih.

Selain logo, pada acara tersebut juga meluncurkan tiga maskot bernama Bhin-bhin (burung cenderawasih), Atung ( Rusa Bawean), dan Ika (Badak Bercula Satu). Tiga karakter itu secara resmi menggantikan maskot lama, Drawa.


Logo dan Maskot lama Asian Games 2018




(mcy/a2s)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed