detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 06 Jul 2017 20:58 WIB

Bandung Bakal Punya Sirkuit Balap Modern

Avitia Nurmatari - detikSport
Ilustrasi Sirkuit (Foto: Paul Gilham/Getty Images) Ilustrasi Sirkuit (Foto: Paul Gilham/Getty Images)
Bandung - Bandung bakal memiliki sirkuit balapan. Sirkuit yang diberi nama Bandung Lautan Api Circuit (BLAC) ini digagas Organisasi Masyarakat XTC Kota Bandung.

Rencananya sirkuit tersebut akan dibangun di dekat Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage. Dalam akun instagramnya Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, sirkuit tersebut diperuntukan untuk balap mobil atau motor.

"Doakan lancar dan tidak ada lagi balapan liar di tengah kota, " tulisnya dalam akun @ridwankamil, Kamis (6/7/2017).




Menurut pria yang akrab disapa Emil itu, sirkuit tersebut bisa menjadi pilihan wisata baru bagi wisatawan.

"Bandung itu bisnisnya bisnis kegembiraan. Oleh karena itu, setiap tahun harus selalu ada yang baru karena ekonomi kita bergantung pada sektor pariwisata," sambungnya

Sementara itu dalam rilis yang diterima detikcom, Ketua DPC XTC Kota Bandung M Dicky Fauzia mengatakan pihaknya merancang gagasan tersebut selama dua tahun. Pihaknya juga telah bekerja sama dengan beberapa pihak, termasuk investor.

Rencananya, bangunan BLAC akan terdiri dari empat lantai. Memiliki dua jenis lintasan, yakni dengan panjang 2,36 km dan 1,83 km. Lebar jalan pada area start yakni 20 meter dan 12 meter pada area jalan track. Sirkuit tersebut sepenuhnya akan didanai oleh pihak swasta.

"Sirkuit ini, akan memiliki 16 tikungan, dan mampu menampung hingga 11.866 penonton," kata Dicky.

Selain itu, menurut Dicky, berbagai fasilitas akan melengkapi sirkuit ini. Salah satunya, ada paddock yang bisa menampung 35 tim. BLAC juga akan memiliki gokart track, Racing School, Museum Otomotif Bandung, dan ritel otomotif. Selain itu, ada juga media center dan medical center untuk keperluan pertandingan serta latihan.

"Sirkuit ini bisa mewadahi anak muda Bandung yang gemar olahraga balap, agar tidak ada lagi ajang balapan liar yang meresahkan masyarakat," lanjutnya.


(avn/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed