detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 29 Sep 2017 18:10 WIB

Setelah Renovasi, Istora Diklaim Makin Ramah untuk Bulutangkis

Femi Diah - detikSport
Istora gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta makin ideal untuk bulutangkis. (Hasan Al Habsyi/detikSport) Istora gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta makin ideal untuk bulutangkis. (Hasan Al Habsyi/detikSport)
Jakarta - Istana Olahraga (Istora) Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta makin ideal untuk bulutangkis. Lampu dan Air Conditioner dipasang sesuai standar internasional.

Istora bukanlah gedung olahraga khusus untuk bulutangkis, meski kerap menjadi venue turnamen internasional bulutangkis. Istora harus disulap lebih dahulu menjelang Indonesia Open, Kejuaraan Dunia, atau Piala Thomas Uber, saat Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah.

Namun menjelang Asian Games 2018, Istora bakal makin ideal untuk turnamen bulutangkis. Pendaran lampu, AC, dan fasilitas lain sangat mengutamakan kebutuhan bulutangkis.

"Sesuai informasi, Istora akan digunakan untuk bulutangkis maka renovasi merujuk ke bulutangkis. Ini bisa untuk menggelar empat lapangan," kata Iis Hairudin, kepala unit Istora kepada detikSport, Kamis (28/9/2017).

Sri Susanto (kiri) Iis Haerudin (kanan) saat menjelaskan kemajuan renovasi Istora GBK Sri Susanto (kiri) Iis Haerudin (kanan) saat menjelaskan kemajuan renovasi Istora GBK Foto: Hasan Al Habsyi/detikSport
Lampu untuk masing-masing lapangan berkekuatan 1.200 lux. AC juga sudah menggunakan AC sentral, bukan lagi portable seperti yang sudah-sudah.

Tribune penonton juga tak berwarna mencolok. Sebanyak 7.110 tribune penonton itu berwarna hitam, putih, dan abu-abu. Pada salah satu sisi dipertahankan lima baris tribune bangku panjang dari kayu jati berkapasitas 50 penonton.

"Ini kan untuk bulutangkis dan sesuai dengan amanat yang kami dapatkan warna bangku tidak boleh menyilaukan pemain. Jadi, tidak bisa serupa warna tribune di Stadion Utama," tutur Iis.

Sebelum menggelar pertandingan bulutangkis di Asian Games 2018, Istora akan menjalani uji coba pertama setelah direnovasi dengan test event bulutangkis. Agenda itu rencananya dilaksanakan Februari 2018.

Iis menginformasikan venue bakal rampung, bahkan jauh sebelum jadwal test event itu. Dia memprediksi Istora selesai direnovasi akhir Oktober.


(fem/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed