DetikSport
Jumat 08 Desember 2017, 01:48 WIB

Persiapan Asian Games, Emilia Nova Butuh Uji Coba Level Tinggi

Mercy Raya - detikSport
Persiapan Asian Games, Emilia Nova Butuh Uji Coba Level Tinggi Emilia Nova (Mercy Raya/detikSport)
Jakarta - Atlet atletik Emilia Nova optimistis bisa bersaing di Asian Games 2018 asalkan mendapatkan jatah uji coba dan training camp yang levelnya di atas Asia.

Asian Games akan dimulai delapan bulan lagi. Emilia diburu waktu dengan persiapan yang mendesak. Dia berharap bisa segera melakukan uji coba mengingat dia akan turun di dua nomor, yaitu sapta lomba dan lari gawang 100 meter putri.

Sejauh ini, atlet asal DKI Jakarta itu sudah menetapkan Italia sebagai lokasi uji coba untuk Sapta Lomba. Sementara untuk nomor lari gawang, dia memilih Korea dan Jepang.

"Saya memang minta levelnya lebih tinggi agar dapat pengalaman dan tidak terlalu nervous. Jadi paling untuk nomor gawang saya minta 3-4 kali uji coba, sementara sapta lomba satu kali. Periodisasinya dari Januari sampai Juli. Selang dua bulan dua bulan," kata Emilia usai berlomba di Stadion Atletik Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (7/12/2017).

PB PASI sendiri sempat berwacana untuk mengirim beberapa atlet ke Amerika Serikat dan latihan bersama Harry Marra, konsultan yang ditunjuk PB PASI, dalam satu tahun terakhir.

"Semoga saja karena saya butuh sparring latihan. Selama ini kan saya latihan seperti sendiri. Paling banyak latihan dengan pelari putra untuk mengimbangi fisik juga. Sementara jika di Amerika saya bisa belajar dengan orang luar, cara mengatur pola makan seperti apa, itu penting sekali buat saya. Lalu cara latihannya seperti apa karena pasti beda," kata peraih tiga medali emas PON 2016 ini menjelaskan.

Masih menurut Emil, panggilan karib Emilia Nova, sebenarnya konsep latihan di Indonesia tidak terlalu berbeda dengan negara luar. Tetapi yang membedakan adalah pola makan dan recovery-nya. "Kalau di sana itu latihannya lebih profesional. Saat latihan medisnya sudah standby jadi jika terjadi apa-apa bisa langsung dikompres, massage, atau apa," katanya.

Atletik akan menggelar test event Asian Games pada Februari 2018. Perlombaan akan digelar bersamaan dengan delapan cabor lainnya. Emilia mengatakan, di ajang tersebut pelatihnya tidak memasang target untuknya.

"Tidak ada target apa-apa. Target utama saya tetap di Asian Games. Kalau menurut Harry Marra jika kejuaraaan yang tidak ditargetkan ingat teknik saja, tidak perlu pikirkan waktunya bagus atau medali. Jika sudah bisa menguasai teknik pasti hasilnya mengikuti, akan bagus," kata Emilia.



(mcy/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed