DetikSport
Selasa 13 Februari 2018, 18:20 WIB

Insiden Dewi Tersengat Listrik Kelalaian PB PODSI dan PLN

Femi Diah - detikSport
Insiden Dewi Tersengat Listrik Kelalaian PB PODSI dan PLN Foto: Mercy Raya/detikSport
Jakarta - Dewi Yuliawati tersengat aliran listrik PLN saat berlatih. Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) menyebut sebagai kelalaian bersama.

Dewi dan atlet pelatnas dayung berlatih di Situ Cileunca, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Naas bagi Dewi, dia tersengat listrik PLN pada Minggu (11/2/2018).

Dayung Dewi mengenai kabel yang menjuntai rendah. Perahu rowing terbalik dan Dewi terjatuh. Diapun tersetrum.

"Kabel itu kabel tertutup, bukan kabel terbuka. Karena airnya tinggi, dayungnya nyangkut. Perahu Dewi kan perahu single, menjadi lebih mudah terbalik. Nah, saat nyangkut itu bisa jadi ada kabel yang terkelupas," kata manajer pelatnas dayung, Budiman Setiawan, yang dihubungi detikSport, Selasa (13/2).

"PLN sudah memperbaiki instalasi itu. Tidak ada kabel-kabel yang rendah itu lagi. Lagipula, kalau kabel yang tingginya 6 meter di atas permukaan air, tidak ada aliran listrik," dia menambahkan.

Kabel yang menjuntai tidak rapi dan terlalu rendah itu pernah dilaporkan PB PODSI kepada PLN. Tapi, menurut Budiman, PLN tak merespons.

"Bukan tidak diantisipasi (kejadian itu). Mungkin kabel kendor, kalau bentangannya jauh, bisa kendor. PLN nggak kontrol-kontrol karena kalau airnya sedang tidak tinggi memang kabel masih jauh dari air. Tapi dengan musim hujan ini air naik, kabel mejadi dekat dengan air," Budiman menjelaskan.

"Setelah insiden itu, PLN segera memperbaiki. Mereka langsung action. Kita lalai, PLN juga lalai. Mestinya hal-hal seperti itu tidak terjadi. siapapun atletnya," ujar Budiman.



(fem/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +