detiksport
Follow detikSport
Rabu, 16 Mei 2018 23:53 WIB

Dijuluki Spiderwoman, Ini Kata Aries Susanti

Mercy Raya - detikSport
Aries Susanti Rahayu dengan dua medali yang diraihnya di China (Foto: Ofisial Menpora) Aries Susanti Rahayu dengan dua medali yang diraihnya di China (Foto: Ofisial Menpora)
Jakarta - Atlet panjat tebing Indonesia Aries Susanti Rahayu mencuri perhatian lantaran prestasinya di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing di China, pada 6 Mei lalu. Aksi-aksinya membuat dia disebut sebagai spiderwoman.

Aries berhasil merebut medali emas untuk nomor speed world record. Dalam babak final, dia mengalahkan atlet Rusia Elena Timofeeva, di final IFSC World Cup di Chongqing, China, dan menjadi yang tercepat menaiki dinding panjat dalam waktu 7,51 detik.

Perjuangan Aries meraih emas rupanya diabadikan dalam sebuah video dan menjadi populer di media sosial. Video itu pun sudah dilihat sebanyak 51.872 kali dan mendapat respons dari netizen sebanyak 342 komentar dengan tagar panjat tebing.


Beberapa di antara komentar itu banyak yang menyebut Aries sebagai spiderwoman Indonesia karena kecepatannya dalam memanjat dinding.

"Real spiderman," tulis akun @heri.o.padang.

"Spidergirl," kata akun lainnya, @bondbonek.

[Gambas:Instagram]


Mendapat julukan seperti itu, Aries menanggapinya dengan santai. "Spiderwoman? apa ya. Saya sih terserah yang memberi julukan atau apa saja. Tetapi saya tetap Aries yang dulu," tuturnya ketika tiba di Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (16/5/2018).

Atlet berusia 23 tahun ini juga tak merasa terbebani dengan julukan tersebut. Sebab, julukan itu pantas diberikan kepada seluruh atlet panjat tebing Indonesia.

"Spiderwoman itu sebenarnya buat kami semua, tim Indonesia. Bukan cuma Aries, atau siapa, tetapi kami semua yang ada di tim panjat tebing, itu semua wonder woman," ungkap dia.


Modal Asian Games

Prestasi Aries di Kejuaraan Dunia boleh jadi merupakan modal dirinya untuk tampil di Asian Games 2018. Kini, dirinya tinggal menjaga kondisi fisik dan meningkatkan tekniknya.

"Persiapan kami tetap masih sama seperti kemarin, latihan keras, latihan yang benar, dan tidak lekas puas di sini saja. Ke depan masih banyak prestasi yang lain. Kami, tim, semua persiapkan ini untuk perlombaan Asian Games, kami akan menampilkan yang lebih baik dari kemarin," kata Aries.

Di Asian Games, tim panjat tebing Indonesia dipatok target meraih dua medali emas oleh Menpora Imam Nahrawi. Aries akan berupaya mewujudkan salah satunya.


"Lawan terberat mungkin ada di China, Iran, dan Kazakhstan. Cuma kejuaraan dunia kemarin tidak banyak negara-negara Asia yang ikut karena fokus latihan Asian Games, seperti Jepang dan Korea kemarin mereka tidak ikutan," ungkapnya.

"Tetapi sebisa mungkin kami juga tidak ingin menganggap remeh siapa pun. Kami anggap semua pesaing berat. Terpenting saat di Asian Games bisa memberikan yang terbaik," harap Aries.


(mcy/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed