DetikSport
Kamis 17 Mei 2018, 17:17 WIB

Wakapolri Siapkan Personel Cadangan untuk Asian Games 2018

Mercy Raya - detikSport
Wakapolri Siapkan Personel Cadangan untuk Asian Games 2018 Wakapolri Komjen Syafruddin (Noval/detikSport)
Jakarta - Pemerintah mengambil langkah preventif untuk mengamankan Asian Games 2018 setelah rentetan teror bom. Wakapolri Komjen Syafruddin akan menyiapkan personel cadangan.

Keamanan atlet dan tamu Asian Games 2018 menjadi faktor krusial. Dalam pesta olahraga se-Asia itu diprediksi bakal berkumpul 15 ribu orang dalam satu waktu.

Syafruddin menyadari aparat wajib menjaga stabilitas keamanan sepanjang Asian Games bergulir mulai 18 Agustus hingga 2 September. Dia pun meminta agar masyarakat tetap tenang dan percaya kepada aparat keamanan untuk menyelesaikan tragedi bom. Selain itu, Syafruddin menginstruksikan kepada aparat keamanan agar bertindak profesional.

Baca Juga: Jelang Asian Games, Puan Maharani Pede Travel Advice ke Indonesia Tak Lama

"Dalam arti profesionalisme harus lebih ditingkatkan, dimatangkan. Manakala dua hal ini disatukan maka kepercayaan publik apalagi internasional segera pulih. Apakah itu ada travel advice atau apapun itu akan segera pulih karena itu sifatnya sementara sebenarnya," kata Syafruddin dalam jumpa pers usai melakukan rapat koordinasi terkait keamanan Asian Games di Kementerian Koordinator PMK, Kamis (17/5/2018).

Terkait teknis keamanannya, Syafruddin mengungkapkan, sudah diputuskan sesuai standar internasional. Dalam arti, jumlah-jumlah dari aparat keamanan yang terlibat di venue, transportasi, lokasi, atlet village, datanya segera dirilis.

Baca Juga: Kembali Batal TC di Luar Jakarta, Angkat Besi Bertahan di Mess Kwini

"Namun, untuk back up antisipasti kondisi fluktuaktif ke depan bagaimana kondisinya, tentu kekuatan-kekuatan cadangan sudah kami siapkan. Seperti, 22 ribu personel untuk DKI Jakarta dan 3 ribu di Palembang untuk pasukan cadangannya," kata dia.

"Jumlah itu di luar pasukan-pasukan yang sudah kami siapkan," dia menambahkan.

Sebelumnya, Kapolri Tito Karnavian menyebut akan mengerahkan 36 ribu personel kepolisian saat Asian Games berlangsung.

"Nanti akan kami rilis tentang kekuatan yang utuh tapi ini sesuai dengan standar internasional," dia menegaskan.

Sementara, khusus pengamanan VIP, Wakapolri berusia 57 tahun itu mengatakan bakal menjadi tanggung jawab TNI. Dalam daftar VIP itu termasuk kepala negara peserta. Nah, untuk pengamanan rutin menjadi tanggung jawab Polri dan di-back up TNI.


(mcy/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed