detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 12 Jul 2018 03:42 WIB

Peraih Emas Asian Games Akan Tampil di Banyuwangi International BMX 2018

Ardian Fanani - detikSport
Foto: Ardian Fanani/detikSport Foto: Ardian Fanani/detikSport
Banyuwangi - Kompetisi Banyuwangi International BMX 2018 yang digelar di Sirkuit Muncar Banyuwangi akan dimulai pada Sabtu, 14 Juli besok. Kompetisi ini dipastikan bakal berjalan seru, karena selain diikuti Juara Dunia Challenge Junior 2018 Jordan Callum, kompetisi ini juga bakal diikuti peraih medali Asian Games, Amanda Carr.

Kepala Dinas Olahraga Kabupaten Banyuwangi, Wawan Yadmadi, mengatakan, Amanda Carr merupakan atlet BMX asal Amerika Serikat dengan prestasi moncer di Asia. Amanda merebut medali emas Asian Games 2014 lalu di Korea Selatan. Amanda merupakan pemain naturalisasi yang kini membela negara Thailand.

"Amanda Carr akan turun bertanding di kategori elite women. Rencananya, dia akan tiba di Banyuwangi Kamis, begitu juga dengan beberapa atlet mancanegara lainnya seperti juara dunia Jordan Callum dari Australia. Jadi tahun ini pertandingan di kelas Women akan lebih menarik," ujar Wawan kepada wartawan, Rabu (11/7/2018).



Pada Rabu (11/7/2018), beberapa atlet lain juga sudah mulai berdatangan di Banyuwangi. Di antaranya atlet BMX dari Jepang, Malaysia, dan tim nasional Indonesia. Mereka semua mulai melakukan latihan di Sirkuit BMX Muncar.

"Peserta asing sudah mulai berlatih di sirkuit Muncar sore ini, sekalian pengenalan lintasan karena banyak yang baru pertama kali ikut tanding di sini. Timnas juga mulai latihan, mereka ikut tanding di Banyuwangi sebagai pemanasan Asian Games," ujar Wawan.

Dari hasil rekapitulasi Dispora, terang Wawan, kompetisi internasional BMX ini akan diikuti oleh 500 peserta yang terdiri dari 16 kategori. "Pendaftaran sudah kami tutup, karena sudah memenuhi kuota, kalau dibuka terus akan membeludak," ujarnya.

"Selama dua hari pertandingan 14-15 Juli, pertandingan akan berjalan untuk semua kelas. Jadi setiap hari akan ada juara untuk tiap kelas," imbuh Wawan.

Ini merupakan kali kedua Banyuwangi menggelar event BMX internasional ini di sirkuit BMX Muncar yang telah berstandar internasional. Event ini juga masuk agenda internasional federasi sepeda dunia (UCI).


(mfi/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed