detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 17 Des 2007 03:43 WIB

Race of Champions

Jerman Juara, Schumi Tidak

- detikSport
London - Jerman menjuarai ajang Race of Champions setelah mengalahkan Finlandia. Tapi di nomor individu, Michael Schumacher justru dipecundangi pembalap Swedia Mattias Ekstrom.

Ajang tahunan yang mempertemukan banyak pembalap dari bermacam-macam ajang kali ini digelar di Stadion Wembley, Inggris, Minggu (16/12/2007) waktu setempat.

Dikutip oleh Eurosport, Jerman yang turun dengan lineup Schumacher dan Sebastian Vettel, mengandaskan Finlandia yang diperkuat Heikki Kovalainen (F1) dan Marcus Gronholm (WRC). Duet Schumi-Vettel membawa Jerman menang 2-1 atas negara Skandinavia itu.

Di atas lintasan aspal yang khusus dibuat untuk ajang ini, Finlandia sebetulnya memimpin terlebih dahulu saat Kovalainen berhasil mempecundangi Schumi di nomor mobil reli Abarth. Mobil Schumi mogok dan Kovalainen pun mencuri kemenangan.

Penampilan apik Vettel membuat Jerman menyamakan angka. Tampil menggunakan mobil Ford Focus WRC, Vettel sanggup mengalahkan Gronholm yang justru seorang pereli WRC yang juga pemakai Focus.

Vettel akhirnya mengunci gelar bagi Jerman setelah di ronde ketiga berhasil mengungguli Kovalainen dalam nomor mobil buggy. Pembalap muda berusia 20 tahun itu finis 0,2 detik lebih cepat dari Kovalainen.

Sebelum partai final, Jerman mengalahkan Amerika Serikat 2-1 di perempatfinal. Kemudian di semifinal, Schumi-Vettel sukses mengalahkan tuan rumah Inggris 2-0.

Namun kegemilangan Jerman di nomor tim tak mampu diulangi Schumi di nomor individu. Bertarung melawan Ekstrom di final individu, Schumi kalah 1-2. Menggunakan mobil touring Solution F, Schumi kalah dari Ekstrom yang memang pembalap spesialiasi touring yang biasanya berlomba di ajang DTM.

Dengan menggunakan mobil buggy, Schumi membalas dan membuat skor jadi 1-1. Namun di heat terakhir yang kembali memakai mobil touring, juara dunia F1 tujuh kali itu kembali harus mengakui keunggulan Ekstrom. Padahal, Schumi dan Ekstrom sudah bertukar mobil dari yang mereka pakai di heat pertama.

Ekstrom sendiri mengulang kisah sukses dengan menjuarai nomor individu setelah tahun lalu menjuarai nomor yang sama. Sebelum mengatasi Schumi, Ekstrom melewati Tom Kristensen (DTM/Skandinavia) di babak pertama, Travis Pastrana (Reli/AS) di perempatfinal, serta Andy Priaulx (BTCC/Inggris) di semifinal.  (arp/a2s)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com