detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 21 Okt 2008 12:15 WIB

Asian Beach Games 2008

Senangnya Jadi Relawan ABG

- detikSport
Sanur - Meski berstatus volunteer, bukan berarti relawan yang terlibat dalam ABG bekerja sukarela tak dibayar. Mereka justru dapat upah yang lumayan dan tak harus khawatir dengan urusan kuliah.

Uang memang bukan alasan utama dari para relawan yang melibatkan diri dengan Asian Beach Games 2008 ini. Dari beberapa yang sempat berbincang dengan detiksport, mereka menyebut pengalaman jadi hal yang paling utama.

"Ini event besar lho mas, kita nanti juga dapat sertifikat. Buat pengalaman ini berharga sekali," ungkap Sinta, relawan yang bertugas menjaga loket tiket di Pantai Sanur.

Dari sisi materi, relawan yang bertugas juga mendapat "uang jajan" yang lumayan. Di samping itu mereka juga dipastikan tak akan kelaparan berjaga di posnya masing-masing karena juga dapat jatah makan.

"Bayarannya Rp 100.000 sehari. Tapi kalau yang LO (lialison officer) kayaknya dapat Rp 250.000 deh. Lumayan kan buat tambahan uang jajan," lanjut mahasiswi Universitas Pendidikan Nasional asal Bandung itu.

Sinta bersama ribuan relawan lainnya mulai bertugas sejak Jumat (17/10/2008) lalu hingga penutupan ABG yang akan berlangsung pada Minggu (26/10/2008) mendatang. Meski harus meninggalkan kuliahnya cukup lama mereka tak harus khawatir karena pihak kampus memberikan dispensasi.

"Kita yang kuliah dapat dispensasi dari kampus. Di beberapa universitas, relawannya malah direkrut langsung oleh dosennya," lanjut dia.

Hal yang disayangkan para relawan itu adalah penempatan tugas yang
tak selalu dekat dengan tempat tinggal. Astrid yang juga kebagian jatah bertugas di Pantai Sanur ternyata bertempat tinggal cukup jauh karena dia harus berkendara motor sekitar 30 menit untuk sampai ke tempatnya bertugas.


(din/a2s)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed