detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 14 Agu 2009 01:23 WIB

Golf & Rugby Segera Masuk Olimpiade

- detikSport
Berlin - Komite Olimpide Internasional (IOC) menominasikan dua olahraga baru untuk dipertandingkan di Olimpiade 2016 mendatang. Dua cabang baru itu adalah golf dan rugby.

Itulah keputusan dari sidang Komite Eksekutif IOC yang digelar di Berlin, Kamis (13/8/2009). Karena menerima golf dan rugby, IOC harus menolak baseball, softball, squash, karate dan roller sport.

"Pada akhirnya, pilihan kami jatuhkan kepada dua cabang yang akan menambah mutu Olimpiade," demikian komentar Presiden IOC Jacques Rogge seperti dikutip YahooSports.

"Golf dan rugby akan jadi tambahan yang bagus karena mereka diminati secara global, punya atlet ikon yang berasal dari negara-negara yang berbeda serta punya etika fair play," imbuh Rogge.

Namun perjuangan golf dan rugby sevens (rugbi dengan satu tim terdiri dari tujuh pemain alih-alih 15 pemain) masih harus melalui satu proses lagi. Dua cabang itu harus mendapat persetujuan dari 50%+1 suara sidang paripurna IOC di Kopenhagen, Oktober mendatang.

Harapan untuk menyaksikan golf dipertandingkan di Olimpiade 2016 dipastikan akan membuat Tiger Woods senang. Pegolf nomor satu dunia itu bahkan siap turun di Olimpiade 2016 meski saat itu akan berusia 40 tahun.

Selain itu, Komite Eksekutif IOC juga menyertakan cabang tinju wanita dalam Olimpiade London 2012. Tinju adalah satu-satunya cabang Olimpiade yang tidak mempertandingkan nomor wanita.

Keputusan IOC mempertandingkan tinju wanita mendapat kecaman dari Asosiasi Medis Inggris (BMA). "Keputusan memasukkan tinju wanita mendorong orang memainkan olahraga berbahaya ini," demikian BMA.


(arp/roz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com