DetikSport
Rabu 07 April 2010, 22:11 WIB

Kuala Lumpur Open 2010

Susanto dan Irene Melangkah Mulus

- detikSport
Susanto dan Irene Melangkah Mulus
Jakarta - Dua pecatur utama Indonesia yang tengah dipersiapkan untuk Asian Games Guangzhou 2010, GM Susanto Megaranto dan GMW Irene Kharisma Sukandar, melangkah mulus pada babak pertama turnamen catur internasional Kuala Lumpur Open ke-3.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Olympic Sports Hotel, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (7\/4\/2010), Susanto (2527) menaklukkan Navalgund Niranjan. Sementara Irene (2316) mengatasi Sikivou Taione.

Kemenangan Susanto tidaklah berjalan mudah. Untuk menaklukkan Niranjan (2168), Susanto harus bertarung lima jam penuh dan baru menamatkan perlawanan Niranjan pada langkah ke-80 pertahanan Benoni. Saat menyerah Niranjan tinggal memiliki Kuda dan Benteng sementara Susanto memiliki kelebihan satu bidak dengan Gajah dan Bentengnya.
 
Sementara Irene menang lebih cepat kala mengatasi Taione (1792), pecatur Fiji. Irene menang pada langkah ke-39 pertahanan Caro-Kann. Bagi Irene ini merupakan salah satu
hadiah ulang tahun ke-18-nya yang tepat berlangsung pada hari pertama Kuala Lumpur Open.

Direktur Turnamen yang juga Ketua Panitia Penyelenggara Peter Long pun menyempatkan diri membelikan kue tart ulangtahun. Demikian siaran pers yang diterima detiksport dari Kabid Pembinaan PB Percasi, Kristianus Liem.
 
Kuala Lumpur Open ke-3 ini diikuti 111 peserta yang datang dari 22 negara. Ini merupakan rekor jumlah peserta dibandingkan dua edisi sebelumnya. Apalagi kali ini juga hadir pecatur putri ajaib Cina yang masih berusia 16 tahun, GM Hou Yifan (2570). Yifan yang bergelar Grandmaster putra ini adalah runner-up juara dunia catur putri FIDE saat ini.
 
Selain Susanto dan Irene, PB Percasi juga mengirimkan empat pecatur mudanya sebagai pelapis. Mereka adalah CM Farid Firman Syah, MFW Dewi AA Citra, MFW Medina Warda
Aulia dan CMW Chelsie Monica Sihite. Namun secara keseluruhan tercatat total 17 pecatur Indonesia yang ambil bagian, ada yang dari Medan dan ada yang datang dari Surabaya.
 
Namun India memegang rekor peserta terbanyak dengan mengirimkan 23 pecaturnya. Tuan rumah Malaysia sendiri hanya menurunkan 20 pecaturnya. Negara lain yang cukup banyak mengirimkan pemainnya adalah Singapura, sembilan orang, Vietnam dan Uzbekistan masing-masing enam orang dan Filipina lima orang.
 
Turnamen catur terbuka yang memperebutkan Piala Raja Nasrin Shah ini menggunakan sistem Swiss sembilan babak dan akan berlangsung hingga 12 April 2010. Selain
turnamen, panitia juga akan menyelenggarakan simultan yang akan dilakukan oleh mantan penantang juara dunia GM Nigel Short dari Inggris pada tanggal 9 April 2010.



(arp/krs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed